Implementasi Penggunaan Quick Responses Code Indonesian Standard Bank Syariah Indonesia Sebagai Alat Pembayaran Non-Tunai Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Bersertifikat Halal (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pekalongan Ambokembang)

Attamimi, Himma Arasy (2025) Implementasi Penggunaan Quick Responses Code Indonesian Standard Bank Syariah Indonesia Sebagai Alat Pembayaran Non-Tunai Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Bersertifikat Halal (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pekalongan Ambokembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221002_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221002_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4221002_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bank Syariah Indonesia (BSI) turut berperan aktif dalam mendukung digitalisasi UMKM melalui layanan QRIS yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi QRIS BSI sebagai sistem pembayaran digital pada UMKM bersertifikat halal di wilayah kerja BSI KCP Pekalongan Ambokembang, serta mengidentifikasi kendala dan strategi penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan karyawan BSI dan pelaku UMKM, serta studi pustaka dari berbagai literatur relevan. Subjek penelitian adalah karyawan dan nasabah UMKM bersertifikasi halal di Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan QRIS BSI mulai diterima dengan baik oleh pelaku usaha. QRIS dan memberikan manfaat berupa kemudahan transaksi, efisiensi pencatatan keuangan, serta peningkatan citra usaha. Namun, masih terdapat beberapa kendala seperti tidak stabilnya koneksi internet, real time, error aplikasi, dan keterbatasan pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan QRIS. Untuk mengatasi hal tersebut, BSI melakukan edukasi, pendampingan, perbaikan sistem aplikasi, dan perluasan layanan BSI Agent. Penelitian ini mendukung teori Technology Acceptance Model (TAM), di mana kemudahan dan manfaat teknologi menjadi faktor penting dalam penerimaan sistem pembayaran digital oleh UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Quick Responses Code Indonesian Standard, Bank Syariah Indonesia, Usaha Mikro Kecil Menengah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:46
Last Modified: 07 Jul 2025 04:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

View Item View Item