Implementasi Pembiasaan Menghafal Juz Amma Melalui Hafalan Surat-Surat Pendek Pilihan Untuk Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Paesan

Izzati, Mu’izzah (2025) Implementasi Pembiasaan Menghafal Juz Amma Melalui Hafalan Surat-Surat Pendek Pilihan Untuk Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Paesan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421073_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2421073_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2421073_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi utama dalam membentuk karakter dan kepribadian anak, termasuk dalam aspek religiusitas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pembiasaan menghafal Al-Qur’an sejak dini. TK Aisyiyah Paesan merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan program pembiasaan hafalan Juz Amma, khusunya melalui surat-surat pendek pilihan. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal ayat suci Al-Qur’an, tetapi juga untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan yang menjadi bekal dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana implementasi pembiasaan ini diterapkan terhadap perkembangan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru kelas dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembiasaan menghafal Juz Amma dilakukan dengan adanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang digunakan dengan penyusunan modul, kemudian pelaksanaan secara konsisten setiap pagi hari dengan metode klasikal, metode kelompok, dan metode penelitian, selanjutnya evaluasi yang dilakukan dengan hafalan persatu, hafalan kelompok kecil, dan sambung ayat. Untuk kemampuan anak dalam menghafal meningkat karena dilihat dari sebelum diadakan pembiasaan menghafal Juz Amma banyak anak-anak yang belum mengerti Juz Amma sehingga anak-anaknya belum pada hafal surat-surat pendek, tetapi setelah adanya pembiasaan menghafal Juz Amma anak-anak menjadi paham tentang Juz Amma dan menjadi hafal surat-surat pendek dan juga nilai religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, Rofiqotul198907282019032009-
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembiasaan, Menghafal Juz Amma, Surat-Surat Pendek , Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:45
Last Modified: 08 Jul 2025 04:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item