Rahmat, Abdul (2025) Analisis Ketidaksesuaian Makna Dan Gambar Pada Mufradat Jadīdah Di Kitab Al-Muṭala’atul ‘Arabiyah Kelas 1 SD (Teori Triadik Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2219026_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2219026_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2219026_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Buku yang seharusnya menjadi bahan ajar dalam pembelajaran di kelas, termasuk pelajaran bahasa Arab seringkali terdapat beberapa gambar (ikon) dalam buku ajar bahasa Arab yang kurang sesuai dengan makna Mufradat yang tersaji. Salah satu yang ditemukan oleh peneliti adalah pada al-muṭala’atul ‘arabiyah kelas 1. Hal ini dapat mengganggu dalam proses transfer makna Mufradat yang terwakilkan oleh adanya gambar. Dalam hal ini peneliti mengunakan teori triadik kajian semiorika Chares Sanders Pierce. Penulis berharap dengan adanya penelitian ini mampu meningkatkan pengetahuan tentang ketidaksesuaian makna semiotika (ikon) teks dengan gambar yang terdapat pada Mufradat dalam buku al-muṭala’atul ‘arabiyah dengan berpedoman pada teori triadik semiotika Charless Sanders Peirce. Agar dapat memudahkan penelitian ini, peneliti menggunakan jenis metode pendekatan kualitatif dengan desain penelitian model library research dan menggunakan teori semiotika yang telah disempurnakan oleh Charles Sanders Peirce. Dalam penelitian nanti peneliti membagi menjadi tiga tahapan, yaitu yang pertama Representamen (representasi), Object (objek) dan Interpretant (interpretasi). Hasil analisis menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara makna yang terkandung dalam Mufradat jadīdah dengan gambar. Hanya terdapat delapan dari total tujuh puluh sembilan gambar atau ilustrasi dalam dua dars yang termasuk dalam kategori tidak sesuai, kurang merepresentasikan terhadap makna yang terkandung dalam Mufradat jadīdah. Beberapa Mufradat jadīdah tersebut yaitu, علبة, ممسحة, منضدة, يلعب, زهر, طابة, حنفية, سلة. Dalam hal ini gambar ataupun Mufradat jadīdah kurang bisa mewakili dalam penyampaian arti kosa kata seperti yang diharapakan oleh pengarang kitab al-muṭala’atul ‘arabiyah. Walaupun pada penerapannya tidak semua hal demikian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Teori Triadik, Buku Ajar, Ikon, Mufradat | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:58 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |