Gumirat, M. Namus Akbar (2025) Analisis Persepsi Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Pekalongan Pemuda). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4220129_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4220129_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4220129_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah memengaruhi layanan perbankan, Bank Syariah Indonesia menyediakan aplikasi BSI Mobile dengan berbagai fitur seperti informasi rekening, transfer, pembayaran, dan layanan islami seperti zakat, infak, wakaf, sedekah. Persepsi nasabah terhadap layanan ini sangat penting. Persepsi terbentuk dari pengalaman, keinginan, pengaruh teman, dan penilaian pribadi terhadap layanan yang digunakan. Persepsi bisa positif atau negatif tergantung bagaimana individu menangkap dan menilai informasi berdasarkan latar belakang dan kepribadiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah BSI KC Pekalongan Pemuda terhadap aplikasi BSI Mobile serta penilaian terhadap aplikasi BSI Mobile. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah Nasabah BSI KC Pekalongan Pemuda. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi nasabah terhadap BSI Mobile sebagian nasabah di BSI KC Pekalongan Pemuda sudah memahami dan menggunakan BSI Mobile. Mereka menilai aplikasi ini berguna, mudah digunakan, dan efisien, serta menyukai fitur tambahan seperti pengingat waktu ibadah. Dampak persepsi nasabah dibentuk oleh pengalaman, keinginan, dan pengaruh sosial seperti teman atau keluarga. Banyak nasabah memutuskan menggunakan BSI Mobile karena rekomendasi dari orang terdekat atau customer service yang memberikan penjelasan positif. Tanggapan dan harapan ke depan nasabah merasa puas dengan kenyamanan dan efisiensi yang ditawarkan BSI Mobile, dan menjadikannya pilihan utama untuk transaksi. Namun, masih ada keluhan soal lamanya waktu pemeliharaan sistem, yang dianggap mengganggu, meski secara umum aplikasi berjalan baik jika didukung koneksi internet yang stabil. Kata Kunci: Persepsi Nasabah, Layanan, BSI Mobile
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Nasabah, Layanan, BSI Mobile | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:09 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |