Implementasi Pendidikan Karakter anak di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan

Syaifullah, Maulana Iqbal (2020) Implementasi Pendidikan Karakter anak di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Padahal, pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak.Pendidikan karakter di sekolah memiliki peranan penting dalam menciptakan karakter pada anak. pendidikan karakter dapat menggunakan menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode reward and punismend serta metode kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan implementasi pendidikan karakter yang dikembangkan di MSI 02 Keputran Kota Pekalongandan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter pada anak di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi pendidikan karakter anak di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan diterapkan kepada siswa melalui progra pendidikan karakter. Program pendidikan karakter yang ada di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan melalui beberapa tahapan dalam pendidikan karakter diantaranya : perencanaan pendidikan karakter,implementasi pendidikan karakter dan evaluasi pendidikan karakter . program yang dijalankan dalam pendidikan karakter di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan meliputi : Program doa bersama, BTQ pagi, sholah dhuha bersama, sholat dluhur berjamaah dan infak sosial. Metode yang digunakan dalam implementasi pendidikan karakter pada anak di MSI 02 Keputran kota Pekalongan sebagai berikut : Metode pembiasaan, metode keteladanan, metode reward and punishment dan metode kedisiplinan. Penanaman nilai karakter di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan adalah karakter Religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, sopan dan santun. Faktor-faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter meliputi : kepala sekolah , Guru, Siswa, dan wali murid. Adapun faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter pada anak di MSI 02 Keputran kota Pekalongan meliputi : sarana prasarana dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSari, Dewi PuspitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 07 Jun 2021 07:54
Last Modified: 07 Jun 2021 07:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item