Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Bojong

Maulidya, Lutfiah (2025) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121031_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2121031_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121031_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas VII di SMPN 1 Bojong. Permasalahan yang diangkat adalah masih rendahnya kesadaran siswa dalam menjalankan tanggung jawab, baik dalam hal akademik seperti mengerjakan tugas dan mematuhi aturan, maupun dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter, terutama melalui penguatan nilai-nilai keagamaan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas VII di SMPN 1 Bojong dan apa saja faktor yang menghambat dan mendukung proses pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas VII di SMPN 1 Bojong. Proses penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksidata, penyajian data, dan penarikan kesimpuan serta verivikasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN 1 Bojong. Guru PAI menggunakan berbagai strategi seperti integrasi nilai tanggung jawab dalam materi pelajaran, pemberian tugas yang konsisten, pembiasaan ibadah rutin, serta memberikan keteladanan dalam perilaku. Selain itu, guru juga menjalin komunikasi yang intensif dengan siswa dan orang tua dalam membina sikap tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa. Siswa menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab dalam menjalankan tugas, dan menunjukkan kedewasaannya dengan perubahan sikap dalam berinteraksi di lingkungan sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI sangat efektif dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa melalui pendekatan pembelajaran yang menyeluruh dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Siswa, Tanggung Jawab.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:33
Last Modified: 08 Jul 2025 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13930

Actions (login required)

View Item View Item