Analisis Perlindungan Konsumen Dalam Praktik Flash Sale Tiktok Shop

Hanifah, Hasnaul Gina (2025) Analisis Perlindungan Konsumen Dalam Praktik Flash Sale Tiktok Shop. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1221046_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1221046_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1221046_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

anifah. Hasnaul Gina. Nim 1221046, 2025. Analisis Perlindungan Konsumen Dalam Praktik Flash sale TikTok Shop. Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : M. Zulvi Romzul Huda F, M.H. Kemajuan teknologi digital telah mendorong transformasi pola perdagangan dari konvensional menjadi elektronik (e-commerce), salah satunya melalui platform TikTok Shop. Fitur flash sale di TikTok Shop menawarkan potongan harga dalam waktu terbatas dan menjadi strategi pemasaran yang efektif, namun di balik daya tariknya terdapat sejumlah permasalahan yang berpotensi merugikan konsumen, seperti ketidaksesuaian produk, keterlambatan pengiriman, hingga dugaan penipuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi perlindungan hukum konsumen dalam praktik flash sale TikTok Shop serta apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan perlindungan konsumen yang optimal. Kegunaan penelitian yaitu kegunaan praktis dan teoritis Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan pendekatan yuridis empiris. Pendekatan yuridis merupakan hukum yang dilihat sebagai norma karena dalam melakukan pembahasan masalah dalam penelitian ini menggunakan bahan-bahan hukum baik hukum primer, sekunder, dan tersier. Sedangkan pendekatan empiris dengan melihat hukum sebagai kenyataan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis yang telah dilakukan mengenai implementasi dari perlindungan konsumen dalam praktik flash sale di TikTok Shop, belum sepenuhnya efektif dalam melindungi konsumen. Meskipun Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan regulasi lainnya memberikan kerangka hukum yang jelas, implementasi di lapangan masih menghadapi berbagai kendala. Dan diperlukan upaya sistematis untuk meningkatkan perlindungan konsumen dalam praktik flash sale. Upaya tersebut mencakup transparansi informasi produk, perlindungan keamanan transaksi, larangan pembatalan sepihak oleh penjual, mekanisme pengaduan yang efektif, kewajiban memberikan ganti rugi, edukasi bagi konsumen dan penjual, serta pengawasan dan penegakan hukum yang ketat. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan praktik flash sale dapat berjalan sesuai dengan prinsip perlindungan konsumen, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap platform ecommerce dapat terjaga. Kata Kunci: Flash sale, Perlindungan Konsumen, TikTok Shop

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorF. Huda, M. Zulvi RomzulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Flash sale, Perlindungan Konsumen, TikTok Shop
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:27
Last Modified: 07 Jul 2025 03:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item