Penerapan metode pembiasaan sholat dhuha berjama’ah sebagai ikhtiar pembinaan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah Kota Pekalongan

Hakim, Farid Rahman (2020) Penerapan metode pembiasaan sholat dhuha berjama’ah sebagai ikhtiar pembinaan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Sedangkan pembiasaan adalah proses membuat sesuatu atau seseorang menjadi terbiasa. Permasalahan yang diungkap adalah bagaimana penerapan metode pembiasaan sholat dhuha berjama’ah dalam membina akhlak siswa, nilai-nilai yang terkandung dalam pembiasaan sholat dhuha dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan sholat dhuha. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti melalui proses data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian bahwa penerapan pembiasaan sholat dhuha berjama’ah telah dilakukan dengan baik. Dilihat dari pelaksanaan dari sholat dhuha itu sendiri serta respon baik dari peserta didiknya. Penerapan ini tidak lepas dari peran seorang guru, lingkungan sekolah dan kurikulum. Kemudian nilai-nilai yang bisa didapatkan dari pelaksanaan sholat dhuha berjama’ah ini adalah disiplin, religius dan tanggung jawab. Adapun faktor pendukung dalam pembiasaan sholat dhuha ini yaitu dari segi internalnya muncul dari kesadaran diri siswa sedangkan faktor eksternalnya adalah masjid, guru pendamping, jadwal sholat dhuha. Faktor penghambat dalam pembiasaan sholat dhuha ini dari segi internalnya adalah sebagian siswa yang kurang termotivasi dalam dirinya untuk melaksanakan sholat dhuha, dan dari segi eksternalnya adalah pengaruh lingkungan keluarga, pengaruh pergaulan negatif diluar sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTabi'in, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembiasaan, Sholat Dhuha, Akhlak Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:06
Last Modified: 11 Jun 2021 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item