Penanaman Karakter Disiplin Dan Religius Siswa Melalui Tadarus Al-Qur’an Di Mts Wachid Hasyim Jagalempeni Wanasari Brebes

Ikrimah, Alissa Zulfa (2025) Penanaman Karakter Disiplin Dan Religius Siswa Melalui Tadarus Al-Qur’an Di Mts Wachid Hasyim Jagalempeni Wanasari Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2I21073_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2I21073_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2I21073_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tadarus Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk kegiatan membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan secara rutin dan bersama-sama, dengan tujuan tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan membaca, tetapi juga sebagai sarana dalam membentuk kepribadian yang religius dan disiplin. Kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam pendidikan Islam karena mengintegrasikan pembacaan Al-Qur’an dengan pembiasaan nilai-nilai spiritual dan moral yang bersumber dari ajaran Islam. Tadarus Al-Qur’an yang dilakukan secara teratur diyakini mampu menanamkan karakter baik kepada siswa, terutama karakter kedisiplinan dan religiusitas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya upaya sekolah dalam membentuk karakter siswa secara menyeluruh, tidak hanya melalui pengajaran akademik, tetapi juga lewat kegiatan keagamaan yang mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman karakter disiplin dan religius dilakukan melalui kegiatan tadarus Al-Qur’an siswa di MTs Wachid Hasyim Jagalempeni serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi di MTs Wachid Hasyim Jagalempeni, sementara data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tadarus Al-Qur’an di MTs Wachid Hasyim Jagalempeni terbukti mampu mendorong siswa menjadi lebih disiplin dalam waktu serta lebih religius dalam sikap dan perilaku. Kegiatan ini membuat siswa terbiasa datang pagi, mengikuti kegiatan ibadah bersama, serta meningkatkan kedekatan mereka dengan Al-Qur’an. Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ini meliputi komitmen guru, lingkungan sekolah yang religius, jadwal yang konsisten, serta adanya motivasi dari sebagian besar siswa. Adapun faktor penghambatnya antara lain adalah kurangnya kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an, lemahnya pemahaman terhadap isi Al-Qur’an, rendahnya kesadaran disiplin pada sebagian siswa, serta kurangnya pengawasan dan kerja sama dari sebagian guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYazid, M. AbaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter, Disiplin, Religius, Tadarus Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:24
Last Modified: 09 Jul 2025 06:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13979

Actions (login required)

View Item View Item