Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Ekstrakurikuler BTQ Di SMP Negeri 2 Kedungwuni

Karim, Muhammad Asa (2025) Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Ekstrakurikuler BTQ Di SMP Negeri 2 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120190_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120190_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2120190_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam konteks pendidikan, kemampuan membaca Al-Qur'an sangat penting, terutama bagi siswa di tingkat sekolah menengah. Program BTQ diharapkan dapat menjadi jembatan bagi siswa untuk tidak hanya menguasai bacaan, tetapi juga memahami nilai-nilai moral dan etika yang terkandung dalam Al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengambil judul “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Ekstrakurikuler BTQ di SMP Negeri 2 Kedungwuni.” Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pada upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui ekstrakurikuler BTQ di SMP Negeri 2 kedungwuni. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pada upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui ekstrakurikuler BTQ di SMP Negeri 2 kedungwuni. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan penelitian field research, yang meliputi empat metode yaitu iqra’ qira’ati, al-barqy dan hattaiyah ada juga mengenai faktor internal maupun faktor eksternal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, Reduksi Data data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwa Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui ekstrakurikuler BTQ di SMP Negeri 2 Kedungwuni yaitu dengan cara memperhatikan karakter dan kemampuan siswa, memberikan pendampingan khusus, membuat program membaca Juz ‘Amma setiap pagi dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat. Faktor-faktor yang mendukung upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui ekstrakurikuler BTQ antara lain motivasi dan semangat beajar siswa, inisiatif guru dalam inovasi pembelajaran dan dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu kurangnya tenaga pengajar dan tidak semua siswa mengikuti TPQ.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BTQ, Al-Qur’an, Ekstrakurikuler
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:07
Last Modified: 08 Jul 2025 07:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item View Item