Ilmiyah, Atiyatul (2025) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kitab ‘Aqidah Al-‘Awamm Karya Syekh Ahmad Al-Marzuqi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121137_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2121137_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2121137_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam memegang peranan krusial dalam membentuk karakter, namun menghadapi tantangan di era modern seperti pengaruh budaya luar dan pemahaman agama yang dangkal, yang mengakibatkan lunturnya nilai-nilai agama di kalangan generasi muda. Kitab klasik seperti ‘Aqīdah al-‘Awāmm karya Syekh Ahmad al-Marzuqi menjadi sumber penting untuk menanamkan kembali dasar-dasar akidah. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi relevan untuk menggali nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung di dalamnya sebagai pedoman dalam menghadapi tantangan zaman. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini merumuskan masalah: Apa saja nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kitab Aqīdah al-‘Awāmm karya Syekh Ahmad al-Marzuqi?. Sejalan dengan itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang dijelaskan dalam kitab tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dari sumber primer, yaitu kitab ‘Aqīdah al-‘Awāmm, dan sumber sekunder berupa buku, jurnal, serta literatur lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) yang disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kitab ‘Aqīdah al-‘Awāmm mencakup tiga aspek utama: 1) Nilai Aqidah, yang menekankan pada pilar-pilar keimanan (rukun iman) seperti iman kepada Allah, malaikat, kitab-kitab, para rasul, dan hari akhir sebagai fondasi utama dalam pembentukan kepribadian seorang Muslim. 2) Nilai Syari'ah, yang tercermin dalam perintah kewajiban melaksanakan shalat lima waktu sebagai hasil dari peristiwa Isra'. 3) Nilai Akhlak, yang dapat diteladani dari sifat-sifat wajib para rasul, yaitu shidiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan), dan fathonah (cerdas). Secara keseluruhan, nilai-nilai ini berfungsi sebagai panduan esensial untuk membangun akhlak mulia dan memperkuat identitas keagamaan generasi muda dalam menghadapi tantangan kontemporer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kitab Aqidah al –‘Awamm, Pendidikan Agama Islam, Analisis. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:49 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:49 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |