Implementasi Pembelajaran Kitab Ḥujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah Dalam Menguatkan Karakter Moderat Siswa Di MAS Simbangkulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan

Tsania, Mahabatus (2025) Implementasi Pembelajaran Kitab Ḥujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah Dalam Menguatkan Karakter Moderat Siswa Di MAS Simbangkulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121053_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121053_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121053_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang dari permasalahan rendahnya apresiasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran kitab Ḥujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman mereka terhadap prinsip-prinsip ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah. Kondisi ini turut memengaruhi rendahnya kesadaran siswa terhadap urgensi nilai-nilai keagamaan yang moderat sebagai landasan dalam merespons berbagai persoalan sosial, seperti radikalisme, sikap intoleran serta dampak negatif globalisasi. Tujuan utama dari penelitian ini untuk menguraikan implementasi proses pembelajaran, sekaligus mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam memperkuat karakter moderat siswa melalui pengajaran kitab Ḥujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah di MAS Simbangkulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru pengampu mata pelajaran kitab Ḥujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah, dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang mencakup tahapan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi pembelajaran kitab Ḥujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam menguatkan karakter moderat siswa mencakup tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dimulai dengan penyusunan silabus, RPP, dan lainnya. Pada tahap pelaksanaan, penguatan nilai-nilai karakter moderat disampaikan guru melalui isi kitab Ḥujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah yang dikaitkan secara langsung dengan indikator-indikator karakter moderat. Evaluasi pembelajaran dilakukan menggunakan asesmen formatif serta ujian akhir semester. Namun belum terdapat instrumen khusus yang digunakan untuk mengevaluasi penguatan karakter moderat siswa, hanya dilakukan pemantauan oleh BK melalui pembiasaan-pembiasaan di sekolah. Dalam implementasi pembelajaran kitab Ḥujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam menguatkan karakter moderat siswa terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi peran guru dan lingkungan sekitar yang seluruhnya berlandaskan pada prinsip Ahlussunnah Wal Jama’ah. Adapun faktor penghambat berasal dari siswa itu sendiri, khususnya dalam minat mereka mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kitab Ḥujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah, Karakter Moderat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:17
Last Modified: 08 Jul 2025 02:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13994

Actions (login required)

View Item View Item