Pengaruh Food Quality, Online Customer Rating Dan Diskon Terhadap Kepuasan Pelanggan (Pada Layanan Gofood Di Aplikasi Gojek)

Thusaqdiah, Wanda Alif (2025) Pengaruh Food Quality, Online Customer Rating Dan Diskon Terhadap Kepuasan Pelanggan (Pada Layanan Gofood Di Aplikasi Gojek). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121138_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4121138_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4121138_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Food Quality, Online Customer Rating Dan Diskon Terhadap Kepuasan Pelanggan (Pada Layanan Gofood Di Aplikasi Gojek). Studi ini dilakukan pada mahasiswa muslim di tiga perguruan tinggi di Pekalongan, yaitu UIN K.H. Abdurrahman Wahid, Universitas Pekalongan, dan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal asosiatif. Dengan teknik cluster sampling dan kuesioner untuk mengumpulkan data yang kemudian diolah dengan regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS 24. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 267 responden. Hasil penelitian yang didapatkan dengan mengolah data kuesioner responden menunjukkan bahwa (1) variabel food quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang berarti semakin tinggi food quality, semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan. (2) variabel online customer rating berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena konsumen cenderung mempercayai ulasan dan penilaian dari pengguna lain sebagai indikator keandalan dan kepuasan. (3) variabel diskon berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena memberikan nilai tambah dan meningkatkan persepsi keuntungan pelanggan, sehingga meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan yang diterima. 4) dan secara simultan variabel food quality, online customer rating dan diskon berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Temuan ini memberikan implikasi terhadap pengembangan ilmu dalam bidang pemasaran digital dan perilaku konsumen, khususnya dalam konteks layanan pesan-antar makanan berbasis aplikasi yang menargetkan segmen mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutmainah, InaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: food quality, online customer rating, diskon, kepuasan pelanggan, Gofood
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:49
Last Modified: 07 Jul 2025 08:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item