Etika Komunikasi Dakwah dalam Konten Vidio Tiktok Ustadz Hanan Attaki

Salsabila, Hafizhah (2025) Etika Komunikasi Dakwah dalam Konten Vidio Tiktok Ustadz Hanan Attaki. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421044_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (759kB)
[img] Text
3421044_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
19 LAMPIRAN.pdf

Download (66kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Salsabila, Hafizhah 2025 Etika Komunikasi Dakwah dalam Konten Vidio Tiktok Ustadz Hanan Attaki. Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing HJ. Vyki Mazaya, M.S.I. Kata Kunci: Etika Komunikasi, Dakwah di Media Sosial, Tiktok, Ustadz Hanan Attaki. Penelitian ini membahas tentang etika komunikasi dakwah dalam video ceramah Ustadz Hanan Attaki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip etika komunikasi Islam dalam penyampaian dakwah di media digital. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya dakwah disampaikan dengan cara yang baik dan sesuai syariat agar pesan dapat diterima secara optimal oleh masyarakat. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah Bagaimana komunikasi dakwah yang dilakukan ustadz hanan attaki di media sosial tiktok; Bagaimana penerapan etika komunikasi dakwah ustadz hanan attaki dalam memenuhi prinsip-prinsip komunikasi dakwah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi berupa Screenshoot postingan video dan observasi isi video ceramah. Penelitian kualitatif ini berperan menganalisis serta menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Hanan Attaki telah menerapkan etika komunikasi dakwah dalam memenuhi prinsip-prinsip komunikasi dakwah. Setiap prinsip ini tercermin dari pilihan kata, gaya penyampaian, serta pendekatan emosional yang digunakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah melalui media digital dapat dilakukan secara etis, efektif dan berdampak positif jika sesuai dengan nilai-nilai komunikasi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMazaya, VykiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi, Dakwah di Media Sosial, Tiktok, Ustadz Hanan Attaki.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:20
Last Modified: 11 Jul 2025 02:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14005

Actions (login required)

View Item View Item