Putri, Nafila Isnaya (2025) Pengaruh Bimbingan Individu Dengan Pendekatan Behavioristik Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas XI SMK Dwija Praja Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3521077 _Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3521077 _Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
3521077_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bimbingan individu merupakan salah satu bentuk layanan konseling yang diberikan secara tatap muka antara konselor dan konseli, dengan tujuan untuk membantu individu memahami dirinya, menyelesaikan permasalahan pribadi, dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Sementara itu, pendekatan behavioristik adalah pendekatan dalam bimbingan dan konseling yang menekankan pada perubahan perilaku melalui prinsip stimulus-respons serta penggunaan teknik penguatan (reinforcement), baik positif maupun negatif, untuk membentuk perilaku yang lebih adaptif. Perilaku agresif yang dimaksud dalam penelitian ini mencakup perilaku verbal maupun nonverbal seperti berkata kasar, membolos, membuat keributan di kelas, hingga merusak fasilitas sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) Bagaimana tingkat perilaku agresif siswa sebelum mendapatkan bimbingan individu dengan pendekatan behavioristik? (2) Bagaimana tingkat perilaku agresif siswa setelah mendapatkan bimbingan individu dengan pendekatan behavioristik? dan (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari bimbingan individu dengan pendekatan behavioristik terhadap perilaku agresif siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan individu dengan pendekatan behavioristik terhadap perilaku agresif siswa kelas XI di SMK Dwija Praja Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental desain one group pretest and posttest. Pendekatan ini memungkinkan peneliti mengukur perubahan perilaku sebelum dan sesudah perlakuan (treatment) diberikan, yaitu berupa bimbingan individu dengan pendekatan behavioristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan signifikan dalam tingkat perilaku agresif siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan individu dengan pendekatan behavioristik. Penurunan tersebut terlihat dari skor rata-rata perilaku agresif pada saat pretest yang lebih tinggi dibandingkan dengan skor posttest setelah diberikan intervensi. Bentuk perilaku agresif yang sebelumnya sering muncul, seperti berkata kasar, membolos, serta membuat keributan saat pembelajaran, mengalami penurunan frekuensi dan intensitas. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan kemampuan dalam mengendalikan emosi dan merespons konflik secara lebih positif. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan behavioristik dalam bimbingan individu efektif dalam memodifikasi perilaku siswa melalui strategi penguatan dan pembiasaan perilaku adaptif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Individu, Pendekatan Behavioristik dan Perilaku Agresif | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:40 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 06:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |