Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak bab min maashil qolbidalam kitab sullam at-taufiq di mda “tarbiyatul mubtadi’in” Rowolaku Kajen

Mizarudin, Muhammad (2020) Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak bab min maashil qolbidalam kitab sullam at-taufiq di mda “tarbiyatul mubtadi’in” Rowolaku Kajen. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Akhlak yang semakin mengkhawatirkan yang perlu diselesaikan secara tepat, diantaranya dengan menggunakan pembelajaran kitab sulllam at-taufiq salah satu yang menggunakan kitab ini adalah MDA “Tarbiyatul Mubtadi’in”rowolaku kajen Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Akhlak PasalMin Maashil Qolbi dalam Kitab Sulam at-taufiq, Bagaimana Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Bab Min Maashil Qolbi dalam Kitab Sulam at-taufiq di MDA “Tarbiyatul Mubtadi’in” di Rowolaku Kajen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Milles and Hubernam yaitu: “reduksi data, penyajian data kemudian melakukan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada di PasalMin Maashil Qolbi dalam Kitab Sulam at-taufiq untuk dihindari umat Islam, antara lain: riya, ujub, ragu akan keberadaan Allah, merasa aman dari siksa Allah, putus asa dari rahmat-Nya, sombong, dengki, hasud, mengungkit-ungkit sedekah, terus-menerus melakukan dosa, berburuk sangka pada Allah dan makhluk-Nya, mendustakan takdir, Senang dengan kemaksiatan baik dirinya atau orang lain, melakukan penipuan walaupun pada orang kafir, membenci para sahabat, keluarga Nabi dan orang-orang sholeh, kikir, merendahkan sesuatu yang diagungkan Allah, menganggap kecil pada sesuatu yang dianggap agung oleh Allah baik berupa ketaatan, kemaksiatan, Al-Qur’an, ilmu, surga atau neraka.Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak bab min maashil kitab Sulam at-taufiq di MDA “Tarbiyatul Mubtadi’in” di Rowolaku Kajen yakni membersihkan tempat di sekitar MDA tanpa mengharapkan imbalan dan pujian, sholat sebagai bentuk percaya akan Allah, bersikap sopan santun, pergaulan antar santri yang baik, senang terhadap teman apabila mendapatkan kiriman dari orang tua, tidak membahas shodaqoh yang telah dikeluarkan, salat sebagai bentuk ketaatan, menerima apabila barangnya dipakai santri lain, menerima hasil belajarnya, membenci kepada orang yang melanggar perintah Allah, memberikan barang sesuai pesanan, tawasul kepada sabat, keluarga nabi dan orang sholeh, shodaqoh, menerima makanan sesaui dari pemberian, membawa kitab dan Al-Quran dengan tangan kanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofa, Eros meilinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Sullam At-taufiq
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:06
Last Modified: 11 Jun 2021 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item