Sari, Widya Niken (2025) Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng Menggunakan Boneka Tangan Di Ra Arrokhmah Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421005_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (978kB) |
![]() |
Text
2421005_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2421005_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
Abstract
Kurangnya kefokusan pada anak pada saat pembelajaran biasa dan anak kurang menarik perhatian anak sehingga membutuhkan kreativitas metode pembelajaran dari guru untuk membuat anak fokus dan menarik perhatian anak, salah satunya yaitu Pembelajaran melalui metode mendongeng menggunakan boneka tangan, metode yang menyenangkan dan efektif untuk merangsang kreativitas anak Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menganalisis pembelajaran anak usia dini melalui metode mendongeng menggunakan boneka tangan RA Arrokhmah Batang 2) Untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran anak usia dini melalui metode mendongeng menggunakan boneka tangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pembelajaran anak usia dini melalui metode mendongeng menggunakan boneka tangan di RA Arrokhmah Batang? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran anak usia dini melalui metode mendongeng menggunakan boneka tangan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pendidik di RA Arrokhmah Batang. Data yang diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif dari Mireles dan Huberman, yang mencakup empat langkah dalam proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pembelajaran anak usia dini melalui metode mendongeng menggunaka boneka tangan di RA Arrokhmah Batang, dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memahami cerita dan mengembangkan ketrampilan berbahasa. Metode ini juga dapat membuat anak merasa lebih nyaman dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik metode ini tidak hanya membuat anak menjadi pendengar yang pasif, tetapi juga berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran anak usia dini melalui metode mendongeng menggunakan boneka tangan di RA Arrokhmah Batang adalah antusiasme anak, ketrampilan guru dalam bercerita dan peran orang tua hal tersebut dapat mendukung kelancaran dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran anak usia dini melalui metode mendongeng di RA Arrokhmah diantaranya adalah sumber daya, keterbatasan waktu, perbedaan karakteristik konsentrasi anak, dan kurangnya cerita yang variatif untuk anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran anak usia dini, Metode Mendongeng, Boneka Tangan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:46 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |