Pengaruh Digital Marketing, Brand Image Dan Service Quality Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Generasi Z Di Kota Tegal)

Alawiyah, Nafisatul (2025) Pengaruh Digital Marketing, Brand Image Dan Service Quality Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Generasi Z Di Kota Tegal). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221041_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221041_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4221041_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Transformasi digital di era Revolusi Industri 4.0 mendorong sektor perbankan, termasuk BSI, untuk menghadirkan layanan berbasis teknologi seperti aplikasi BYOND by BSI. Generasi Z menjadi target utama layanan ini karena kedekatannya dengan teknologi. Namun, minat dan pemahaman mereka terhadap perbankan syariah masih bervariasi, terutama di Kota Tegal yang mayoritas penduduknya Muslim, tetapi partisipasi terhadap bank syariah masih rendah. Hal ini mendorong perlunya analisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan Generasi Z dalam memilih layanan BSI.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, brand image, dan service quality terhadap keputusan Generasi Z dalam menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia di wilayah Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian adalah Generasi Z usia 18–28 tahun yang menggunakan layanan BSI di Kota Tegal. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 96 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert lima poin, dan data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda serta uji hipotesis dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing dan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah Generasi Z dalam menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia di Kota Tegal. Sebaliknya, variabel brand image tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah. Namun, secara simultan ketiga variabel digital marketing, brand image, dan service quality memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan Generasi Z dalam memilih layanan BSI. Temuan ini diperoleh melalui analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5%, yang mengindikasikan bahwa strategi digital marketing dan peningkatan service quality menjadi faktor dominan dalam memengaruhi keputusan nasabah dari kalangan generasi muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyada, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Brand Image, Service Quality dan Keputusan nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:47
Last Modified: 08 Jul 2025 08:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

View Item View Item