Salsabila, Laura Shafina (2025) Bimbingan Islami Melalui Kegiatan Pembacaan Manakib Syekh Abdul Qadir Al Jailani Dalam Menumbuhkan Perilaku Sosial Positif Siswa (Studi Kasus Di MAN 2 Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3521011_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3521011_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
3521011_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan Islami melalui kegiatan pembacaan Manakib Syekh Abdul Qadir Al Jailani serta menganalisis kontribusinya dalam menumbuhkan perilaku sosial positif siswa di MAN 2 Kota Pekalongan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena krisis perilaku sosial di kalangan remaja yang ditandai dengan meningkatnya kasus perundungan dan rendahnya empati sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan bimbingan islami melalui kegiatan pembacaan manakib Syekh Abdul Qadir Al Jailani untuk menumbuhkan perilaku sosial positif siswa di MAN 2 Kota Pekalongan dan bagaimana perilaku sosial positif siswa di MAN 2 Kota Pekalongan setelah mengikuti bimbingan islami melalui kegiatan pembacaan manakib Syekh Abdul Qadir Al Jailani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan islami melalui kegiatan pembacaan manakib Syekh Abdul Qadir Al Jailani dalam menumbuhkan perilaku sosial positif siswa dan hasil perilaku sosial positif siswa setelah mengikuti bimbingan islami melalui kegiatan pembacaan manakib Syekh Abdul Qadir Al Jailani. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti bimbingan Islami melalui kegiatan pembacaan manakib, perilaku sosial siswa mulai terbentuk yang meliputi kecenderungan perilaku peran, kecenderungan perilaku dalam hubungan sosial, dan kecenderungan perilaku ekspresif dibuktikan dengan siswa mulai menunjukkan rasa empati, sikap tolong-menolong, toleransi, dan kedermawanan siswa. Kegiatan ini juga menciptakan ruang interaksi yang positif antar siswa dan warga sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islami, Kegiatan Manakib Syekh Abdul Qadir Al Jailani dan Perilaku Sosial Positif | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:34 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:34 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |