Alzafana, Selvi Farah (2025) Peran Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smp Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
2221090_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2221090_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2221090_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah merupakan lembaga pendidikan berbasis agama Islam yang banyak dihuni oleh siswa yang berasal dari keluarga dengan keturunan Arab, namun sebagian besar dari mereka belum memiliki kemampuan bahasa Arab yang memadai. Hal tersebut menjadi perhatian, mengingat seharusnya keturunan Arab memiliki akses yang lebih besar untuk menguasai bahasa Arab. Namun dalam kenyataannya, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab secara optimal. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Arab di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah adalah dengan penggunaan alih kode dan campur kode. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bentuk alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan, 2) mengetahui peran alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP AlIrsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan desain penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data, peneliti menggunakan metode reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini ditemukan 12 data alih kode ekstern meliputi peralihan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya yang dilatar belakangi oleh penutur, lawan tutur, serta topik pembicaraan, dan 11 data campur kode ke luar berwujud kata, frasa, klausa, dan pengulangan kata yang dilatar belakangi oleh identifikasi peranan, keinginan untuk menjelaskan dan menafsirkan, serta sekedar gengsi. Alih kode dan campur kode ini berperan penting dalam mendukung efektivitas pembelajaran bahasa Arab, karena memberikan penjelasan yang lebih menyeluruh dalam bahasa yang telah dikuasai siswa dan memudahkan pemahaman istilah asing secara kontekstual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Alih Kode, Campur Kode, Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:11 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14064 |
Available Versions of this Item
-
Peran Alih Kode Dan Campur Kode
Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Di Smp Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota
Pekalongan. (deposited 07 Jul 2025 08:07)
- Peran Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smp Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan. (deposited 08 Jul 2025 02:11) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |