Implementasi Bimbingan Karir Berbasis Islami Dalam Memahami Pilihan Karir Siswa Di Smk Negeri 3 Kota Pekalongan

Dzikriyah, Amrina (2025) Implementasi Bimbingan Karir Berbasis Islami Dalam Memahami Pilihan Karir Siswa Di Smk Negeri 3 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3519023_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3519023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3519023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dzikriyah, Amrina. 2025. Implementasi Bimbingan Karir Berbasis Islami Dalam Memahami Pilihan Karir Siswa Di SMK Negeri 3 Kota Pekalongan. Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuludin Adab Dan Dakwah Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Muhamad Rifa'i Subhi, M.Pd.I. Kata Kunci : Karir, Bimbingan, Islam Masa Sekolah Menengah Kejuruan adalah dimana masa seorang siswa memasuki masa remaja. pada saat ini siswa dituntut mempunyai perencanaan karir terkait dengan masa depan. Siswa diharuskan memahami minat, kemampuan, serta bisa menentukan karir lebih spesifik. Siswa biasanya mengalami kebimbangan, ketidakpastian, dan stress dalam memilih karirnya, faktor tersebut menjadi alasan untuk dilakukan bimbingan karir berbasis islami dalam memahami pilihan karir. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti mengemukakan rumusan masalah sebagaian berikut: a.) Bagaimana keadaan pilihan karir siswa sebelum dilakukan Implementasi Bimbingan Karir berbasis Islami di SMK Negeri 3 Kota Pekalongan. b.) Bagaimana implementasi bimbingan karir berbasis islami dan kendala yang dihadapi dalam memahami pilihan karir siswa di SMK Negeri 3 Kota Pekalongan. Manfaat teoritis dan praktis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan pilihan karir siswa sebelum dilakukan implementasi bimbingan karir masih belum terbentuk sesuai minat dan bakat siswa. Kemudian implementasi bimbingan karir di SMK Negeri 3 Kota Pekalongan membantu siswa memilih karir yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka, dengan melibatkan beberapa tahapan penting yang dilakukan secara sistematis, yaitu perencanaan program, penyusunan program, pelaksanaan program, dan evaluasi pelaksanaan. Hal ini membantu siswa memilih karir yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhi, Muhamad Rifa'iUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karir, Bimbingan, Islam
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:06
Last Modified: 08 Jul 2025 06:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item View Item