Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen E-Commerce Dalam Jual Beli Produk Dengan Merek Tiruan

Fitriani, Nelli (2025) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen E-Commerce Dalam Jual Beli Produk Dengan Merek Tiruan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1221010_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1221010_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1221010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Jual beli online kini menjadi kebiasaan masyarakat berkat pesatnya perkembangan teknologi, terutama melalui aplikasi e-commerce seperti Shopee, TikTok Shop x Tokopedia, dan Lazada. Namun, maraknya aktivitas ini menimbulkan persoalan hukum, terutama terkait perlindungan konsumen dalam pelanggaran merek oleh pelaku usaha, dalam bentuk penjualan produk palsu dengan merek tiruan yang tidak memberikan informasi yang benar sesuai dengan kondisi barang, demi meningkatkan engagement. Penelitian ini menyoroti pelanggaran hak konsumen sesuai Pasal 4 ayat (3) UU Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi perlindungan hukum yang tersedia serta akibat hukumnya terhadap konsumen. Jenis Penelitian ini adalah penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif, perundang-undangan. Sumber data mencakup data primer diperoleh dari observasi lapangan terhadap beberapa konsumen . Data sekunder berupa literatur, jurnal, skripsi, dan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penggunaan merek tiruan mencakup berbagai bentuk, yaitu pemakaian nama dan gember merek terkenal, menggunakan merek terkenal atau kata official dan original dalam kata kunci pencarian dan deskripsi, penjualan barang tiruan, dan mengganti label asli dengan merek sendiri. Pelanggaran berbagai bentuk ini memberikan dampak negatif terhadap konsumen. Menurut hasil penemuan penulis perlindungan hukum terhadap konsumen tidak sepenuhnya terpenuhi karena kendala jarak dan lamanya prosedur penyelesaian. Bentuk perlindungan terhadap konsumen pada e-commerce yang penulis temukan, yaitu pengembalian barang, pengembalian dana, serta penghapusan produk. Sebagai akibat dari perlanggaran ini konsumen memperoleh akibat hukum posistif berupa perlindungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorQomariyah, M.A., Dr. Hj. Siti196707081992032011UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Penggunaan Merek, Perlindungan Konsumen.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:30
Last Modified: 10 Jul 2025 04:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item View Item