Ajnichati, Awalia Uly (2025) Implementasi Kegiatan Membatik Menggunakan Pewarna Makanan Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelas B Di RAM Salafiyah Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421016_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2421016_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2421016_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan anak usia dini tidak lepas dari kegiatan fisik motorik. Perkembangan motorik merupakan peningkatan sistem gerak anak yang mencakup otot sebagai alat geraknya serta otak sebagai pusat pengendali gerak yang didapat dari hasil kegiatan yang menstimulus perkembangan motorik anak. Banyak kegiatan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini, seperti menempel gambar, menggambar dan mewarnai. Namun jika kegiatan tersebut terlalu sering dilakukan anak akan lebih cepat bosan. Sehingga guru perlu memikirkan banyak kegiatan lain yang tidak biasa untuk mengembangkan motorik halus pada anak usia dini. Salah satunya melalui kegiatan membatik. Namun untuk anak usia dini, mereka akan lebih mudah memahami banyak hal melalui media. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini yaitu melalui media batik. Kegiatan membatik untuk anak usia dini bertujuan untuk melatih koordinasi mata serta otot-otot pada jari dan lengan, selain itu kegiatan membatik untuk anak usia dini juga dapat melatih konsentrasi pada anak. Sehingga dengan kegiatan membatik menggunakan pewarna makanan anak anak dapat mengembangkan kemampuan motorik halus dan kreativitasnya dengan lebih mudah dan menyenangkan. Penelitian ini mendiskusikan dua rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana kemampuan motorik halus anak kelas B di RAM Salafiyah Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, dan (2) Bagaimana implementasi kegiatan membatik menggunakan pewarna makanan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelas B di RAM Salafiyah Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan motorik halus anak kelas B di RAM Salafiyah Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan membatik menggunakan pewarna makanan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelas B di RAM Salafiyah Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian in menggunakan penelitian studi lapangan atau penelitian kualitatif. Sumber data primer penelitian ini berupa wawancara terhadap pihak yang terkait dalam bahasan penelitian dan sumber data sekunder berupa data pelengkap seperti buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di RAM Salafiyah Simbang Kulon Kecamatan BUARAN Kabupaten Pekalongan, Kemampuan motorik halus anak kelas B di RAM Salafiyah Simbang Kulon sebagian besar sudah berkembang dengan baik. Hanya beberapa anak yang kemampuan motorik halusnya belum dapat berkembang secara optimal, namun guru terus akan memberikan stimulus dan memberikan perhatian yang lebih khusus. Selanjutnya Implementasi kegiatan membatik menggunakan pewarna makanan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelas B di RAM Salafiyah Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Disini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan para guru akan mengadakan rapat untuk membuat rencana pembelajaran 2 minggu sebelum tahun ajaran baru dimulai dengan menyusul modul ajar harian atau modul ajar tahunan. Lalu pada tahap pelaksanaan, pada tahap ini juga dibagi menjadi beberapa tahapan, awalnya guru menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, lalu guru menjelaskan fungsi alat dan bahan kegiatan membatik serta memberikan contoh tahapan membatik, lalu anak memulai kegiatan membatik menggunakan pewarna makanan secara mandiri. Kemudian tahap evaluasi, disini guru berkeliling kelas sambil memantau aktivitas anak dan mengecek apakah anak ada yang mengalami kesulitan. Jika guru menemui anak yang mengalami kesulitan makan guru akan membantu anak tersebut, guru berkeliling sambil membawa rating scale untuk menilai perkembangan motorik halus anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Membatik, Motorik halus | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:50 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |