Sari, Desy Fitriana (2025) Pengaruh Penggunaan Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah(Studi Kasus Pada Pengguna Kosmetik Wardah Di Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4121181_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
4121181_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
4121181_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam era digital, strategi pemasaran semakin berkembang, termasuk melalui influencer marketing dan electronic word of mouth (e-WOM), yang berperan dalam membentuk persepsi dan keputusan konsumen. Selain itu, kesadaran masyarakat Muslim terhadap produk halal juga menjadi faktor penting dalam proses pembelian, terutama untuk produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing, e-WOM, dan halal awareness terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner kepada 97 responden pengguna kosmetik Wardah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggukan metode purposive sampling. Sumber data berupa data primer dengan skala likert. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software EViews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun secara parsial, influencer marketing tidak berpengaruh signifikan, sedangkan e-WOM dan halal awareness memiliki pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian konsumen lebih dipengaruhi oleh rekomendasi sesama pengguna dan kesadaran akan kehalalan produk dibandingkan promosi oleh influencer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | influencer marketing, E-WOM, halal awareness, keputusan pembelian. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 04:22 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2025 04:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |