Pemberian Bonus Pada Multi Level Marketing Tiens Syariah Dalam Analisis Fatwa Dsn Mui No 75/Dsn Mui/Vii/2009

Febriyanti, Eva (2025) Pemberian Bonus Pada Multi Level Marketing Tiens Syariah Dalam Analisis Fatwa Dsn Mui No 75/Dsn Mui/Vii/2009. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1221031_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1221031_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1221031_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Multi Level Marketing (MLM) syariah hadir sebagai alternatif bisnis yang berlandaskan prinsip-prinsip Islam, merespons kekhawatiran masyarakat Muslim terhadap praktik MLM konvensional yang kerap mengandung unsur gharar, maysir, dan riba. Tiens Syariah, sebagai bagian dari PT. Tiens Indonesia, memposisikan diri sebagai pelaku MLM yang berupaya menjalankan bisnis sesuai syariat Islam dengan mengacu pada Fatwa DSN MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi bahwa kebijakan pemberian bonus dalam Tiens Syariah cabang Pekalongan belum sepenuhnya sesuai dengan fatwa tersebut, khususnya terkait praktik passive income dan bonus dari perekrutan anggota baru yang tidak berbasis penjualan produk. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan distributor dan pengelola stokis Tiens Syariah cabang Pekalongan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan, termasuk Fatwa DSN MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kebijakan pemberian bonus dalam Tiens Syariah cabang Pekalongan yang tidak sepenuhnya sesuai dengan ketentuan dalam fatwa DSN MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009, seperti pemberian komisi yang tidak didasarkan pada penjualan produk dan adanya bonus perekrutan anggota baru tanpa pembinaan atau kontribusi nyata. Hal ini berpotensi mengarah pada praktik money game yang dilarang dalam Islam. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan ketat dari Dewan Pengawas Syariah agar sistem bonus yang diterapkan benar-benar memenuhi prinsip-prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHamid, M.A., Abdul197806292011011003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bonus, Fatwa DSN MUI, Multi Level Marketing, Syariah, Tiens Syariah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:08
Last Modified: 10 Jul 2025 06:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14100

Actions (login required)

View Item View Item