Rizki, Ahmad (2025) Strategi Komunikasi Dakwah Gus Iqdam Dalam Membangun Pandangan Generasi Z Mengenai Moderasi Beragama Pada Youtube Gus Iqdam Official. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421129_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3421129_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3421129_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
Abstract
Media digital sekarang ini menjadi ruang baru bagi para pendakwah guna menyampaikan pesan pesan keagamaan salah satunya media youtube. Perubahan ini turut mempengaruhi cara penyampaian pesan dakwah yang dahulu bersifat satu arah dan formal kini menjadi lebih interaktif dan menyesuaikan dengan mad’u atau audiensnya Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Gus Iqdam dalam membangun pandangan generasi z mengenai moderasi beragama pada youtube Gus Iqdam Official. Hasil dari penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan ilmu komunikasi dalam kegiatan dakwah serta memberikan manfaat bagi para da’i dalam menyesuaikan strategi dakwah dengan audiens generasi z Metodologi penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan Analisis Isi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori akomodasi komunikasi dari Howard Giles serta teori moderasi beragama yang diterbitkan oleh Kementrian Agama guna menganalisis strategi komunikasi dakwah yang digunakan oleh Gus Iqdam serta nantinya dikaitkan dengan nilai-nilai moderasi beragama yang digunakan Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Gus Iqdam menerapkan strategi komunikasi dakwah berbasis akomodasi komunikasi dengan bentuk konvergensi, divergensi, dan overkomodasi dalam menyampaikan pesan dakwahnya kepada generasi z. Melalui pendekatan yang ringan dan inklusif dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada generasi z.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Dakwah, Moderasi Beragama, Generasi Z, Youtube | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:05 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |