Peran Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V MINU Baros Kota Pekalongan

Umah, Naziyatul (2020) Peran Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V MINU Baros Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah, karena guru menjadi teladan bagi anak didiknya, Fungsi guru tidak hanya mengajar melainkan juga mendidik. Guru dituntut mampu mengamati setiap siswanya untuk mengetahui karakter masing-masing siswa. Kekurangan dan kelebihan siswa mesti dipelajari karena setiap anak memiliki latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Guru juga diharapkan mampu menunjukkan sifat kepemimpinan dalam memberikan batas-batas kepada siswa mengenai mana yang boleh dan mana yang dilarang. Khususnya pada usia sekolah dasar, penegasan mengenai batas-batas perilaku itu sangat penting untuk dikembangkan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam penguatan pendidikan karakter pada siswa kelas V MINU Baros Kota Pekalongan? (2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran guru dalam penguatan pendidikan karakter pada siswa kelas V MINU Baros Kota Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisisnya terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam penguatan pendidikan karakter pada siswa kelas V MINU Baros Kota Pekalongan sudah berjalan dengan baik dan program PPK sudah masuk terintegrasi dalam kurikulum madrasah. Faktor pendukung berupa kepedulian warga sekolah serta sarana prasarana yang sudah cukup memadai. Dan hambatan pelaksanaan PPK adalah masih ada siswa yang kurang memiliki motivasi dan karena siswa berasal dari lingkungan yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, AbidinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Penguatan Pendidikan Karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:51
Last Modified: 08 Jun 2021 03:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item