Penerapan Ta’zir dalam Membentuk Kedisiplinan Santri Yang Melakukan Pelanggaran di Pondok Pesantren Manbaul Falah Pekalongan

Nurkhayatun, Siti (2025) Penerapan Ta’zir dalam Membentuk Kedisiplinan Santri Yang Melakukan Pelanggaran di Pondok Pesantren Manbaul Falah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521038_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (609kB)
[img] Text
3521038_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf

Download (449kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nurkhayatun. Siti, 2025. Penerapan Ta’zir dalam Membentuk Kedisiplinan Santri Yang Melakukan Pelanggaran di Pondok Pesantren Manbaul Falah Pekalongan. Skripsi S1 Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing Adib Aunillah Fasya, M.Si Kata Kunci: Ta’zir, Kedisiplinan Santri dan Pondok Pesantren Sebagai sebuah proses, pendidikan memerlukan kedisiplinan, sementara kedisiplinan itu berperan sangat penting yaitu sebagai alat pendidikan untuk mempengaruhi, mengubah, membina dan membentuk perilaku sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam rangka mendidik, melatih, mengendalikan dan memperbaiki tingkah laku. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih banyaknya santri yang melanggar tata tertib pondok pesantren dan minimnya sikap disiplin santri. Oleh sebab itu, dalam proses peningkatan kedisiplinan salah satu metode pendidikan yang diterapkan oleh pesantren ialah dengan memberikan ta’zir kepada santri yang melanggar tata tertib pondok pesantren. Ta’zir yaitu bentuk hukuman yang diberikan kepada santri yang melanggar peraturan yang berlaku di Pondok Pesantren. Dalam konteks pendidikan, ta’zir berfungsi sebagai hukuman yang bersifat mendidik, karena penerapannya mengandung unsur pendidikan yang telah disepakati melalui musyawarah antara para pembina pesantren demi kebaikan dan pembinaan santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan ta’zir dalam membentuk kedisiplinan santri yang melakukan pelanggaran di Pondok Pesantren Manbaul Falah Pekalongan dan bagaimana kedisiplinan santri yang melakukan pelanggaran di Pondok Pesantren sebelum dan sesudah di berikan ta’zir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami penerapan ta’zir dalam membentuk kedisiplinan santri yang melakukan pelanggaran di Pondok Pesantren Manbaul Falah Pekalongan dan untuk mengetahui kedisiplinan santri yang melakukan pelanggaran di Pondok Pesantren sebelum dan sesudah di berikan ta’zir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ta’zir yang dilakukan oleh pengurus keamanan pondok telah berjalan cukup efektif. Bentuk-bentuk pelanggaran yang sering terjadi meliputi keterlambatan, pelanggaran tata tertib harian, hingga kelalaian dalam mengikuti kegiatan madrasah diniyah serta solat berjamaah. Setelah mendapatkan ta’zir, sebagian besar santri mengalami perubahan perilaku ke arah yang lebih disiplin. Hal ini menunjukkan bahwa ta’zir mampu menjadi sarana pembinaan yang positif jika diterapkan secara proporsional dan penuh pertimbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAunillah Fasya, AdibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ta’zir, Kedisiplinan Santri dan Pondok Pesantren
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:03
Last Modified: 10 Jul 2025 07:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14130

Actions (login required)

View Item View Item