Azizah, Friza Rifqo (2025) Peran Inovasi Dan Jaringan Bisnis Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Mixue Pekalongan (Perspektif Etika Bisnis Islam). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4121020_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4121020_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4121020_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan bisnis yang semakin pesat ditandai dengan maraknya usaha di berbagai sektor, termasuk industri kuliner es krim yang mengalami pertumbuhan signifikan. Salah satu bisnis yang menonjol adalah Mixue, yang hadir dengan kon-sep kekinian dan harga terjangkau. Namun, tidak semua pelaku usaha mengimple-mentasikan etika bisnis Islam secara menyeluruh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran inovasi dan jaringan bisnis terhadap keberhasilan usaha Mixue Pekalongan dalam perspektif etika bisnis Islam, yang difokuskan pa-da tiga rumusan masalah: bentuk inovasi yang diterapkan, strategi pengembangan jaringan bisnis, serta penerapan prinsip bisnis Islam dalam usaha tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari tiga informan utama yaitu: (1) kepala cabang, (2) karyawan, dan (3) konsumen. Teknik pengumpulan data meliputi wa-wancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, dil-akukan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi yang dijalankan Mixue meli-puti peluncuran menu baru secara berkala, pemasaran digital yang aktif, dan operasional yang efisien dengan standar pelayanan yang konsisten. Strategi jarin-gan bisnis diterapkan melalui distribusi bahan baku terpusat dan kerja sama antar cabang yang kuat, sehingga mendukung efisiensi dan keberhasilan operasional. Selain itu, penerapan etika bisnis Islam terlihat dari kejujuran dalam transaksi, keadilan terhadap karyawan, penggunaan bahan dan alat produksi yang telah ber-sertifikat halal, serta upaya menghindari praktik riba dan gharar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Jaringan Bisnis, Keberhasilan Usaha, Etika Bisnis Islam, Mixue. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:59 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2025 01:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |