Peran Guru Kelas Sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 MI Walisongo Pekajangan

Umaimah, Ummu (2020) Peran Guru Kelas Sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 MI Walisongo Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan, salah satunya dengan memberikan layanan bimbingan konseling. Problematika siswa dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu motivasi belajar. Apabila motivasi belajar yang dimiliki siswa rendah maka akan berpengaruh pada prestasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana peran guru kelas sebagai pelaksana layanan BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 MI Walisongo Pekajangan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru kelas sebagai pelaksana layanan BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 MI Walisongo Pekajangan?. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan peran guru kelas sebagai pelaksana layanan BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru kelas sebagai pelaksana layanan BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini: sumber data primer meliputi guru kelas dan siswa kelas 5 dan sumber data sekunder buku-buku dan jurnal terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian melakukan verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan layanan BK dilakukan oleh guru kelas dengan melakukan beberapa fungsi (1) fungsi preventif (2) fugsi kuratif (3) fungsi preservative (4) fungsi developmental. Layanan yang diberikan guru kelas yaitu (1) layanan orientasi, (2) layanan informasi, (3) layanan penempatan dan penyaluran, (4) layanan penguasaan konten, (5) layanan konseling perseorangan, (6) layanan bimbingan kelompok, dan (7) layanan konseling kelompok. Faktor pendukung (1) keadaan ruang kelas menarik, dengan adanya pojok baca. (2) kegiatan tambahan ekstrakurikuler dan kegiatan keagamaan (3) siswa mampu mengkondisikan kelas (4) support dari orang tua siswa. Adapun faktor penghambatnya, (1) Guru belum menempuh pendidikan BK (2) Guru belum memiliki pengetahuan mendalam tentang BK (3) Guru kelas memberikan layanan BK sesuai kemampuan guru (4) kurangnya alokasi waktu & program BK belum terstruktur (6) siswa tidak mengetahui BK.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Bimbingan Konseling, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:59
Last Modified: 08 Jun 2021 07:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item