Noviani, Ade Irma (2025) Strategi Komunikasi Dakwah KH. Muhammad Ali Shodiqin Dalam Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial Youtube @Abah Ali Mafia Sholawat. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3421004_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
3421004_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
3421004_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini bahwasannya saat ini media sosial marak digunakan sebagai media dakwah. Akan tetapi tidak selamanya konten yang dibagikan sesuai dengan apa yang menjadi pemahaman seseorang. Oleh karena itu banyak pro kontra yang terjadi di kalangan penggunanya. KH. Muhammad Ali Shodiqin memanfaatkan media sosial YouTube sebagai media dakwah. Akan tetapi KH. Muhammad Ali Shodiqin tidak seperti pendakwah lainnya dalam segi penampilan dan sasaran mad’u nya sehingga dalam konteks dakwah digital di tengah masyarakat dapat menimbulkan pemahaman dan respons yang kompleks terhadap dakwah di media sosial. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi dakwah KH. Muhammad Ali Shodiqin dalam media sosial YouTube dan bagaimana bentuk personal branding KH. Muhammad Ali Shodiqin dalam media sosial YouTube. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah dan bentuk personal branding KH. Muhammad Ali Shodiqin yang menggunakan strategi dakwah Al Bayanuni dan 8 konsep personal branding milik Peter Montoya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data primer berupa seluruh postingan di akun media sosial YouTubenya dan data sekunder dengan melakukan observasi, wawancara terhadap pengikutnya, dokumentasi, serta tambahan dari buku dan jurnal. Kemudian di analisis melalui data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, KH. Muhammad Ali Shodiqin memaksimalkan dalam menggunakan fitur dalam YouTube. Dengan menunjukkan steategi dakwah yaitu strategi sentimentil, strategi rasional, dan strategi indrawi sudah dilakukan dengan baik. KH. Muhammad Ali Shodiqin juga menjadikan YouTube sebagai media untuk membentuk personal branding dengan ciri khas dan keunikan yang dimilikinya. Jadi dapat disimpulkan strategi dakwah yang digunakan KH. Muhammad Ali Shodiqin mampu membangun sebuah personal branding yang dimilikinya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah, Personal Branding, YouTube | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:59 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 03:59 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
