Kolaborasi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Menerapkan Nilai Disiplin Belajar Siswa Di SD Islam Kutosari Karanganyar

Nabilah, Putri (2025) Kolaborasi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Menerapkan Nilai Disiplin Belajar Siswa Di SD Islam Kutosari Karanganyar. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321081_COVER_BAB I BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321081_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2321081_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang Kolaborasi Peran antara Guru dan Orang tua dalam menerapkan nilai disiplin siswa di SD Islam Kutosari Karanganyar. Permasalahan yang utama yang dikaji adalah banyak siswa yang masih melakukan hal-hal yang kurang disiplin dalam belajar dan fokus penelitian ini juga tentang bagaimana bentuk peran-peran kerja sama yang terjalin antara kedua belah pihak dalam membentuk nilai disiplin belajar pada siswa. Ketika peran guru dan orang tua terjalin dengan baik siswa menjadi mudah untuk dipantau terkait kedisiplinannya saat belajar, manajemen waktu antara guru dan orang tua dapat seimbang. Sebab ketika anak berada di rumah mendapat pengawasan dari orang tua. Terkait rumusan maslaah yang diambil bahwa bagaimana peran guru dan orang tua, bentuk kolaborasi peran seperti apa sehingga dapat menerapkan nilai disiplin belajar siswa di SD Islam Kutosari Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orang tua telah menjalankan peran masing-masing secara optimal. Guru menerapkan nilainilai kedisiplinan sejak siswa memasuki gerbang sekolah, membiasakan kegiatan positif seperti membaca juz amma sebelum pembelajaran, serta memberikan teladan sikap yang baik selama proses belajar-mengajar. Sementara itu, orang tua juga berperan aktif dalam mendampingi anak belajar ketika di rumah, melakukan pendidikan nilai moral, menciptakan keharmonisan dengan anak, menjadi pendukung dalam pendisiplinan belajar, pengasuhan yang konsisten dan terarah, dan berperan sebagai motivator, melindungi anak dari pengaruh negatif. Kolaborasi yang terjalin antara guru dan orang tua menjadi faktor penting dalam pembentukan karakter disiplin belajar pada siswa yang sudah dilakukan oleh orang tua dan guru antara lain, Komunikasi secara terbuka, melakukan kegiatan pendampingan belajar, menghadiri pertemuan tatap muka yang diadakan oleh sekolah, keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah melalui kegiatan sosialisasi, keduanya melakukan pendekatan proses komunikasi ketika momen pengambilan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorirsyad, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Peran guru, Peran orang tua, Disiplin belajar, dan Siswa SD
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:17
Last Modified: 14 Jul 2025 03:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14176

Actions (login required)

View Item View Item