Implemetasi Permainan Tradisonal Engklek Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Wonorejo

Adistia, Fika (2025) Implemetasi Permainan Tradisonal Engklek Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Wonorejo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421054_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (453kB)
[img] Text
2421054_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN fika 2421054.pdf

Download (328kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Adistia, Fika. 2025 “Implemetasi Permainan Tradisonal Engklek Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Wonorejo.” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Ningsih Fadhilah, M.Pd. Kata Kunci : Permainan Tradisional Engklek, Sosial Emosional, Anak Usia Dini. Sosial emosional merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini karena berkaitan langsung dengan kemampuan anak dalam mengelola emosi, menjalin hubungan sosial, serta menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Namun, pada kenyataannya, masih banyak anak usia dini yang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan perasaan, kurang mampu bekerja sama, belum bisa menunggu giliran, dan mudah marah ketika kalah dalam bermain. Kondisi ini menunjukkan bahwa stimulasi terhadap aspek sosial emosional masih belum optimal dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mendukung pengembangan sosial emosional anak adalah melalui permainan tradisional, seperti permainan engklek, yang secara alami menuntut anak untuk berinteraksi, mematuhi aturan, dan belajar menerima hasil. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan tradisional engklek dalam mengembangkan sosial emosional anak, mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini, dan faktor pendukung dan penghambat metode permainan tradisional engklek dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field risearch) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, observasi di RA Muslimat NU Wonorejo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, serta dokumentasi hasil kegiatan permainan tradisional engklek. Keabsahan data melalui triangulasi sumber. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode permainan engklek dilaksanakan melalui tahap perencanaan (penyusunan RPPH dan media), pelaksanaan (pengenalan langkah-langkah dan praktik bermain), serta evaluasi (menggunakan teknik checklist). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak mulai menunjukkan sikap mandiri, bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, serta menunjukkan perilaku prososial seperti empati dan interaksi sosial yang sehat. Faktor pendukung pelaksanaan meliputi dukungan kepala sekolah, motivasi guru, dan antusiasme anak dalam mengikuti permainan. Sementara itu, faktor penghambat yang ditemukan adalah keterbatasan waktu pelaksanaan, keterbatasan tempat, serta keberagaman karakter anak yang membutuhkan pendekatan yang bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional engklek dapat mengembangkan sosial emosional anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional Engklek, Sosial Emosional, Anak Usia Dini.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:21
Last Modified: 15 Jul 2025 07:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14181

Actions (login required)

View Item View Item