Implementasi metode index card match pada materi ilmu tajwid mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas vii SMP N 5 Sragi Kabupaten Pekalongan

Jannah, Faiqotul (2020) Implementasi metode index card match pada materi ilmu tajwid mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas vii SMP N 5 Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam mengembangkan dan memajukan kapasitas peserta didik yang berilmu, kreatif, inovatif, cekap dan aktif, guru sangat memerlukan penguasaan penggunaan metode pengajaran. Implementasi metode yang tepat merupakan salah satu pandangan yang harus dimiliki oleh seorang pendidik agar dapat mengubah suasana proses pembelajaran yang mampu memberikan pengaruh yang optimal bagi peserta didik melalui metode yang diterapkan tersebut. Berdasarkan penjabaran di atas, penulis membuat rumusan masalah: 1) Bagaimana implementasi metode index card match pada materi ilmu tajwid mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMP N 5 Sragi Kabupaten Pekalongan?, 2) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode index card match pada materi ilmu tajwid mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMP N 5 Sragi Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui implementasi metode index card match pada materi ilmu tajwid mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan metode index card match pada materi ilmu tajwid mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dekripsif. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru dan siswa, sumber data sekundernya referensi kepustakaan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitiannya bahwa pembelajaran PAI seharusnya memuat multimetode dan multimedia yang semestinya dilaksanakan oleh peserta didik. Metode index card match merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan untuk mengkaji materi ilmu tajwid karena iswa mampu memupuhkan rasa percaya diri, mandiri, aktif, inovatif dan kreatif dalam proses pembelajarannya, serta dapat menumbuhkan rasa antusias dalam mencari jawaban dari setiap potongan kartu indeks tersebut. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan metode index card match, yakni motivasi dan keaktifan peserta didik, media (kartu) yang menarik, pembelajaran yang menyenangkan. Kemudian faktor penghambatnya tidak semua siswa bisa baca tulis Qur’an, peserta didik merasa ragu dalam menentukan jawaban, kondisi kelas menjadi gaduh dan cukup memakan waktu panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Index card match, ilmu tajwid, pendidikan agama Islam dan budi pekerti
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:37
Last Modified: 08 Jun 2021 06:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item