Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Tahap Operasional Konkret dalam Pembelajaran Berbasis Otak

Sakhazuroh, Umroh Makhfudhoh (2020) Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Tahap Operasional Konkret dalam Pembelajaran Berbasis Otak. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Sebagian besar proses pembelajaran dalam sistem pendidikan kita dirancang untuk melatih dan mengembangkan kemampuan memori anak atau dengan kata lain pendidikan yang berbasis hafalan bukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir dengan memaksimalkan fungsi otak. Sistem pembelajaran yang berfokus pada memory learning telah mencetak para siswa yang hanya mengikuti apa perintah gurunya tanpa tahu maksudnya, dan tidak sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa. Agar proses pembelajaran tidak berbasis hafalan, harus sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa dan sesuai dengan cara kerja otak siswa. Salah satu model pembelajaran yang memaksimalkan fungsi otak adalah pembelajaran berbasis otak atau Model Brain Based Learning yaitu model pembelajaran yang dalam proses pembelajaran nya menyelaraskan pembelajaran dengan cara otak didesain secara ilmiah untuk proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana ciri-ciri perkembangan kognitif Jean Piaget pada tahap operasional konkret, 2) Bagaimana implikasi perkembangan kognitif operasional konkret dalam pembelajaran berbasis otak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan kognitif pada tahap operasional konkret, dan implikasinya dalam pembelajaran berbasis otak. Kegunaan penelitian ini adalah : secara teoritis, digunakan sebagai sumbangan wawasan pendidikan bagi pendidik dan sekolah agar dapat dijadikan acuan yang mampu mengembangkan kualitas pendidikan; secara praktis, dapat memberikan pengetahuan bagi guru dalam upaya meningkatkan dan memperbaiki cara mengajar yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan kognitif peserta didik agar peserta didik mampu menerima pelajaran yang disampaikan secara optimal serta menambah wawasan guru tentang alternatif pemilihan kegiatan dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pelitian kepustakaan (library research), bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, dengan melihat dokumen berupa buku, artikel, jurnal dan penelitian lain yang telah membicarakan tentang perkembangan kognitif tahap operasional konkret dan pembelajaran berbasis otak. Teknik analisisnya adalah teknik deskriptif-analitis,yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk difahami dan disimpulkan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa perkembangan kognitif tahap operasional konkret terjadi pada anak usia 7-11 tahun dengan ciri-ciri yaitu : anak sudah bisa berfikir logis, rasional, ilmiah dan objektif terhadap sesuatu yang bersifat konkret atau nyata, bukan yang bersifat abstrak atau khayal. Proses pembelajaran harus dikontekstualisasikan dalam kehidupan nyata, misalnya dengan menghadirkan contoh langsung dari materi yang dipelajari (modeling) dan melakukan praktek langsung (eksperimen). Anak akan mendapatkan pengetahuan secara maksimal apabila materi, strategi, model dan metode pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kemampuan kognitif anak. Penerapan pembelajaran yang berbasis otak (brain based learning) bertujuan mengembalikan proses pembelajaran kepada hakikatnya, yaitu pembelajaran yang sesuai dengan cara otak bekerja sehingga hasilnya optimum karena kerja otak menjadi optimum. Untuk itu, proses pembelajaran seharusnya memberikan wadah atau ruang bagi siswa untuk mengekspresikan dan mengeksplor potensi otak yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perkembangan kognitif, operasional konkret, pembelajaran berbasis otak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:23
Last Modified: 08 Jun 2021 07:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item