Utami, Putri (2020) Peran kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam dalam penanaman moral peserta didik kelas viii di SMP Negeri 2 Blado Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kompetensi Kepribadian merupakan salah satu kompetensi yang memiliki peran penting dalam menanamkan moral peserta didik. Dalam hal ini guru dituntut untuk memiliki kompetensi tersebut dengan baik karena guru merupakan sosok digugu dan ditiru oleh peserta didik. Apalagi guru Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan observasi awal peneliti, di SMP Negeri 2 Blado Batang peserta didik terlihat memiliki moral yang cukup baik meliputi sopan santun, ramah, senang menyapa, dan disiplin. Meskipun begitu, terdapat beberapa peserta didik yang terlambat ke sekolah dan mencontek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Blado, peran kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Blado Batang, serta faktor pendukung dan penghambat peran kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Blado Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles dan Huberman, melalui tiga langkah utama yaitu: reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Blado memiliki peran untuk menanamkan moral peserta didik kelas VIII. Hal tersebut, diwujudkan melalui dua bentuk keteladanan: a) keteladanan perilaku mencakup: kedisiplinan, kejujuran, tanggungjawab, akhlak mulia dan toleransi. b) keteladanan ucapan.Dengan demikian, peserta didik kelas VIII mempunyai moral moral hormat, tanggungjawab, jujur, disiplin, tolong menolong peduli sesama, kerjasama serta toleransi. (2) Faktor pendukung dalam penanaman moral peserta didik kelas VIII: a)lingkungan sekolah mencakup: dukungan positifdari kepala sekolah, para guru serta pegawai, dan sarana prasarana yang memadai. b). lingkungan masyarakat di pedesaan atau pegunungan yang masih kental akan tata krama dan sopan santun. Adapun faktor penghambatnya: a)pergaulan peserta didik kelas VIII di luar sekolah. b) lingkungan keluarga peserta didik kelas VIII yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian, Guru PAI, Moral | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jun 2021 07:42 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jun 2021 07:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1421 |
Actions (login required)
View Item |