UNSPECIFIED (2020) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa kelas viii di SMP Negeri 3 Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan kecerdasan emosional ikut serta berperan mencerdaskan kehidupan bangsa selain kecerdasan intelektual. Dengan kecerdaan emosional seseorang akan mampu mengelola emosi. Selain itu disiplin yang kuat akan ikut membantu juga dalam meraih sebuah prestasi karena akan merujuk pada suatu keterlibatan aturan untuk mencapai sebuah standar yang sesuai. Sikap kepatuhan yang ada dalam disiplin dilandasi oleh kesadaran diri masing-masing orang karena Allah telah menganugerahkan akal agar dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Di SMP Negeri 3 Comal sendiri untuk tingkat kecerdasan emosional siswa masih terbilang kurang, karena masih dijumpai siswa yang berkata kasar bahkan kotor kepada sesama temannya, siswa yang ketika marah atau kesal kemudian berselisih pendapat sehingga muncul rasa tidak menerima sampai akhirnya memukul meja dan bisa sampai berkelahi serta munculnya kelompok atau geng antar siswa. Untuk kedisiplinan juga sama di karenakan masih dijumpai siswa yang datang terlambat ke sekolah kemudian apabila jam pelajaran dimulai namun guru belum masuk ke kelas juga masih dijumpai siswa yang duduk-duduk didepan kelas sehingga bisa saja mengganggu kelas lain, siswa yang tidak percaya diri dengan jawabannya sehingga mencontek. Dalam kegiatan sholat dzuhur bersama masih ada siswa yang tidak ikut serta didalamnya, sehingga jika sudah waktunya masuk kelas guru memperintahkan siswa tersebut untuk mengerjakan sholat terlebih dahulu yang berakibat bisa merugikan siswa karena keterlambatannya mengikuti pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimana kecerdasan emosional siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Comal? Bagaimana kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Comal? Bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Comal?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosioanl dan kedisiplinan siswa serta hubungannya antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Comal. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dalam bidang pendidikan khususnya mengetahui kaitannya kecerdasan emosional siswa dengan sikap disiplin. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jenis kuesioner tertutup. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik uji hipotesis Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil penelitian ini data untuk nilai pada kecerdasan emosional siswa pada interval 131-136 dengan kategori cukup, sedangkan nilai pada kedisiplinan siswa pada interval 121-128 dengan kategori cukup baik. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment Pearson diperoleh nilai atau r h.itung = 0,449 > nilai r tabel (0,232). Kemudian dilakukan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t didapatnnilai t hitung (2,093) ≥ t tabel (1,666). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adalahaterdapathhubungannyang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa SMP Negeri 3 Comal pada kategori koefisien korelasi yang sedang untuk r = 0,449.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:07 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1422 |
Actions (login required)
View Item |