Sari, Ratna (2025) Implementasi Alat Peraga Torso dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Materi Sistem Organ Manusia di Kelas V SD Negeri Proyonanggan 11 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2319071_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (919kB) |
![]() |
Text
2319071_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2319071_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sari, Ratna. 2025. Implementasi Alat Peraga Torso dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Materi Sistem Organ Manusia di Kelas V SD Negeri Proyonanggan 11 Batang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Hafizah Ghany Hayudinna, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Alat Peraga Torso, IPAS. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) penting untuk membentuk pemahaman siswa, namun materi sistem organ manusia sering sulit dipahami karena sifatnya abstrak dan metode pembelajaran konvensional yang membosankan. Penggunaan alat peraga torso membantu visualisasi organ tubuh sehingga meningkatkan pemahaman, keaktifan, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan di SD Negeri Proyonanggan 11 Batang, torso terbukti efektif mendukung pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi torso dalam meningkatkan hasil belajar dan mengevaluasi strategi penerapannya. Penelitian ini memiliki rumusan masalah diantaranya: 1) Bagaimanakah implementasi alat peraga torso dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada materi sistem organ manusia di Kelas V SD Negeri Proyonanggan 11 Batang? dan 2)Apa saja faktor pendukung dan penghambatnya? adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisis implementasi alat peraga torso dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada materi sistem organ manusia di Kelas V SD Negeri Proyonanggan 11 Batang dan menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif (Penelitian lapangan) dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan guru kelas V dan empat siswa kelas V. Data sekunder diperoleh dari profil madrasah, buku, serta hasil penelitian lain yang relevan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dijaga dengan triangulasi teknik (wawancara, observasi, dokumentasi) dan triangulasi sumber (guru kelas V dan empat siswa kelas V). Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi alat peraga torso pada pembelajaran IPAS materi sistem organ manusia di kelas V SD Negeri Proyonanggan 11 Batang telah direncanakan dan dilaksanakan secara efektif dengan metode interaktif yang mendorong keaktifan siswa, meningkatkan pemahaman, minat, dan hasil belajar. 2) Faktor pendukungnya meliputi fleksibilitas penggunaan, visualisasi organ yang jelas, kepraktisan, serta kesesuaian dengan ruang kelas. Namun, keterbatasan jumlah torso dan biaya pengadaan yang tinggi menjadi hambatan, sehingga diperlukan strategi pengaturan penggunaan agar semua siswa mendapat kesempatan belajar secara merata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Alat Peraga Torso, IPAS | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:39 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |