Pelaksanaan pembelajaran tahfidzul qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Ma'ruf, Syifa' (2020) Pelaksanaan pembelajaran tahfidzul qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran tahfidz Al Qur’an merupakan salah satu bentuk dari kepedulian hamba Allah (manusia) dalam mempelajari dan belajar kitab-Nya.Memuliakan kalamullahhanya tidak cukup dengan membaca melalui suara yang fasihdanindah,melainkan juga perlu usaha upaya faktual dalam mengelolanya di antaranya dengan menghafal, mentadaburi serta mengamalkannya. Bentuk hubungan kaum Muslim kepada kalamullah adalah menghafalkan kitab sucinya yang turun menurun sudah berjalan dengan baik mulai wahyu awal diturunkan pada Rasulullah SAW. Menghafalkan menjadikan upaya untuk menjaga atau memeliharanya. Akhir – akhir ini banyak anak yang tertarik menghafalkan Al Qur’an. Hal ini dibuktikan dari banyak lembagapendidikan yang sekarang ini membuka program tahfidz untuk anak-anak. Atas dasar pemikiran di atas, maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Kelas Tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan”. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (2) Apa hambatan yyang dihadapi oleh pendidik dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (3) Apa solusi yang dilakukan oleh pendidik dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (2) Mengetahui hambatan yang dihadapi oleh pendidik dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (3) Mengetahui solusi yang dilakukan oleh pendidik dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun sumber data terbagi menjadi dua : data primer yaitu guru tahfidz dan siswa kelas tahfidz serta data sekunder yaitu kepala sekolah, wakasek kurikulum serta buku yang berkaitan dengan judul. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu : reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Kelas Tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan adalah (1) Proses pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan pihak sekolah menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum khusus dari Dikdasmen Muhammadiyah, adapun metode dan strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran tahfidz yaitumetode juz’i, metode jama’, metode sima’i, metode tasmi’, metode talqin, strategi pengulangan ganda, strategi tidak beralih pada ayat atau surah berikutnya sebelum benar-benar hafal, strategi menghafal urutan ayat dalam kesatuan jumlah setelah benar-benar hafal, strategi satu jenis mushaf, strategi disetorkan kepada seorang guru. (2)Hambatan yang dihadapi oleh pendidik dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan faktor usia yang menghambat, lemahnya kemampuan siswa dalam memahami bahasa Arab, terbatasnya waktu dalam proses kegiatan pembelajaran, tempat pembelajaran, manajemen diri siswa dalam menghafal Al Qur’an.(3) Solusi yang dilakukan oleh guru tahfidz dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di kelas tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan yaitu dengan motivasi dan reward,punisment atau hukuman, serta mengarahkan siswa untuk saling menyimak hafalan temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran dan Tahfidz
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:04
Last Modified: 08 Jun 2021 08:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item