Dhiny, Mutiara Rohmah (2025) Implementasi program toilet training dalam meningkatkan kemandirian untuk anak usia 4-5 tahun di TK Rumah Belajar SAI Kalisoka Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421078_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2421078_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2421078_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya implementasi toilet training yang berada di TK Rumah Belajar SAI kalisoka karena kurangnya kemandirian siswa yang masih belum berani ke toilet tanpa pendampingan, sehingga membuang urin dan feses tidak pada tempatnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diterapkannya program implementasi toilet training. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi program toilet training dalam meningkatkan kemandirian untuk anak usia 4-5 tahun di TK Rumah Belajar SAI Kalisoka Tegal, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat program toilet training di TK Rumah Belajar SAI Kalisoka Tegal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program toilet training dalam meningkatkan kemandirian anak serta faktor pendukung dan penghambat program toilet training di TK Rumah Belajar SAI Kalisoka Tegal. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan tujuan mendeskripsikan sebuah fenomena melaui pengumpulan data dari observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi program toilet training di TK Rumah Belajar SAI Kalisoka Tegal dibagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap perencanaan membuat SOP dan tujuan, tahap pelaksanaan meliputi tahap lisan, tahap penerapan secara langsung, dan tahap pembiasaan. Kemudian tahap evaluasi seperti melaksanakan pertemuan guru dan wali murid untuk membahas mengenai perkembangan toilet training siswa. Serta faktor pendukung meliputi perencanaan yang matang, komunikasi yang baik dan penyampaian materi yg mudah di pahami oleh anak. Namun, terdapat faktor penghambat seperti terbatasnya jumlah toilet (hanya satu), sulitnya mengondisikan siswa yang tidak tertib, dan kemampuan kognitif anak yang beragam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Toilet Training, Anak usia Dini, kemandirian | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:08 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:08 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |