Karima, Atiyatul (2025) Bimbingan Klasikal Melalui Teknik Journaling Untuk Mencegah Kecemasan Terhadap Masa Depan Pada Siswa Di MA Hidayatul Athfal Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3521048_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
3521048_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
3521048_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
Abstract
Masa remaja merupakan fase perkembangan yang rentan terhadap tekanan psikologis, salah satunya berupa kecemasan terhadap masa depan. Kecemasan ini dapat mengganggu konsentrasi belajar, menurunkan prestasi akademik, dan berdampak negatif terhadap kesehatan mental siswa. Salah satunya di MA Hidayatul Athfal Pekalongan, ditemukan sejumlah siswa kelas XI yang mengalami kecemasan terhadap masa depan, ditandai dengan rasa gelisah dan ketidakmampuan mengambil keputusan terkait pendidikan lanjutan atau dunia kerja. Hal ini mendorong perlunya intervensi melalui layanan bimbingan klasikal dengan pendekatan teknik journaling. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kondisi kecemasan terhadap masa depan pada siswa di MA Hidayatul Athfal Pekalongan; dan bagaimana pelaksanaan bimbingan klasikal melalui teknik journaling untuk mencegah kecemasan terhadap masa depan pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru BK dan lima siswa yang terindikasi mengalami kecemasan terhadap masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kecemasan dalam kategori ringan hingga sedang, ditandai dengan overthinking dan kebingungan dalam mengambil keputusan. Pelaksanaan bimbingan klasikal melalui teknik journaling dilakukan secara bertahap dengan memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka melalui tulisan. Setelah beberapa sesi, siswa menunjukkan penurunan tingkat kecemasan, menjadi lebih reflektif, dan lebih siap dalam merencanakan masa depan. Dengan demikian, teknik journaling terbukti efektif dalam mendukung pencegahan kecemasan terhadap masa depan pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Klasikal, Teknik Journaling, Kecemasan Terhadap Masa Depan | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:28 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |