Pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan latihan dasar kepemimpinan (ldk) dalam ekstrakurikuler pramuka SMPN 8 Pekalongan

Mutmainah, Siti (2020) Pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan latihan dasar kepemimpinan (ldk) dalam ekstrakurikuler pramuka SMPN 8 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kecerdasan Emosional adalah kemampuan mengenali perasaan diri kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, sertakemampuanmengelolaemosidenganbaikpadadirisendiridandalamhubungannya dengan orang lain. Kecerdasan emosional dalam diri seseorang dapat mengontrol sikap dan perilakuny akarena emosi dikendalikan dengan baik.Sehingga seseorang yang dapat mengendalikan emiosinya maka ia akan menjalani kehidupannya dengan mu dah dan tidak mudah berputus asa karena dirinya dapat memotivasi dan mengerti keadaan dirinya maupun sekitarnya. Dari uraian diatas maka dirumuskan masalah (1) Bagaimana pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dalam ekstra kurikuler pramuka? (2) Apa saja factor pendukung dan factor penghamba tpengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dalam ekstrakurikuler pramuka?.Kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah: (1) Dapat memberikan informasi dan data dalam pemngembangan kecerdasan emosional siswa (2) Dapat dijadikan sebagai pedoman atau untuk penelitian-penelitian selanjutnya sesuai dengan hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan kecerdasan emosional siswa. Sedangkan kegunaan praktis dari penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan informasi untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dalam ekstrakurikuler pramuka (2) dapat dijadikan sebagai bahan pengetahuan wawasan bagi pendidik dalam mengatasi permasalahan yang timbul yang berkenaan dengan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.Sumber data primer : Pembina dan Siswa SMPN 8 Pekalongan. Sumber data sekunder :Arsip-arsipsekolah, buku-buku, jurnal, skripsi yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dalam ekstra kurikuler pramuka di SMPN 8 Pekalongan dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan berlangsung dengan baik.Kegiatan pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan LatihanDasarKepemimpinan (LDK) dalam ekstra kurikuler pramuka yang dilakukan SMPN 8 Pekalongan yaitu dengan cara: 1) Menyediakan lingkungan yang kondusif, 2) Menciptakan iklim pembelajaran yang demokratis dan membantu peserta didik menemukan solusi dalam setiap masalah yang dihadapi, 3) Menjadi teladan dalam menegakkan aturan dan melibatkan peserta didik secara optimal dalam pembelajaran, baik secara fisik, sosial maupun emosional, 4) Mengembangkan sikap empati, 5) Merespon setiap perilaku peserta didik secara positif dan menghindari respon negatif. Melalui cara tersebut dapat mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMPN 8 Pekalongan.dalam pengembangan initer wujut siswa yang memiliki kecerdasan emosional dengan cici-ciri mengenali emosi diri, mengelola dan mengekspresikan emosi, kemampuan memotivasi diri, memiliki rasa empati, kemampuan membina dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiskiana, RiskianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PoinPengembanganKecerdasanEmosional
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:46
Last Modified: 08 Jun 2021 08:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item