Strategi Guru dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas 2 dan 3 Melalui Program Unggulan Fasholatan di MI Salafiyah Tegalrejo Pekalongan Barat

Imronah, Imronah (2025) Strategi Guru dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas 2 dan 3 Melalui Program Unggulan Fasholatan di MI Salafiyah Tegalrejo Pekalongan Barat. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321118_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2321118_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2321118_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin maju, seorang anak harus kita bekali dengan kebiasaan yang baik. Agar naninya ketika telah tumbuh dewasa mereka akan menjadi generasi yang memiliki budi pekerti yang baik. Oleh karena itu, seorang guru dan suatu lembaga pendidikan khususya Madrasah Ibtidaiyah (MI) memiliki peran yang esensial dalam pembentukan kecerdasan spiritual peserta didik. Salah satu upaya yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam membentuk kecerdasan spiritual peserta didik adalah dengan diadakannya program unggulan Fasholatan yang dapat meningkatkan kualitas ibadah, serta memperkuat pemahaman dan pengalaman ajaran agama Islam dalam diri peserta didik. Khususnya dalam hal ibadah yaitu salat. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup penerapan strategi guru dalam membentuk kecerdasan spiritual peserta didik kelas 2 dan 3 serta dampaknya bagi peserta didik kelas 2 dan 3 melalui program unggulan Fasholatan di MI Salafiyah Tegalrejo Pekalongan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembentukan kecerdasan spiritual melalui program unggulan Fasholatan dan untuk mengetahui dampak bagi peserta didik kelas 2 dan 3 di MI Salafiyah Tegalrejo Pekalongan Barat. Penelitian ini merupakan peneitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pengampu program unggulan Faholatan, dan peserta didik kelas 2 dan 3 di MI Salafiyah Tegalrejo Pekalongan Barat. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi secara langsung, wawancara dan dokumnetasi. Analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam membentuk kecerdasan spiritual peserta didik kelas 2 dan 3 melalui program unggulan Fasholatan di MI Salafiyah Tegalrejo Pekalongan Barat telah berjalan secara efektif dan memberikan dampak positif yang nyata. Hal ini dapat terlihat dari perubahan perilaku peserta didik. Seperti meningkatnya kedisiplinan, kemandirian, ketenangan, serta semangat dalam beribadah baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Strategi yang diterapkan mencakup: 1) Aspek perencanaan, strategi dilakukan dengan matang dan sistematis. 2) Aspek pelaksanaan, strategi mencakup pembiasaan awal, praktik salat berjamaah, pembacaan doa harian, serta penguatan karakter religius. 3) Aspek evaluasi, strategi dilakukan secara berkala menggunakan lembar kendali salat sebagai alat monitoring perkembangan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, Moh. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kecerdasan Spiritual, Fasholatan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:30
Last Modified: 15 Jul 2025 04:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14252

Actions (login required)

View Item View Item