Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Perilaku Perkelahian Siswa Di SMP 1 Wiradesa

Ustman, Riezal Khoirul (2025) Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Perilaku Perkelahian Siswa Di SMP 1 Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521044_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (982kB)
[img] Text
3521044_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3521044_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkelahian siswa merupakan satu dari beberapa kenakalan remaja yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan dapat mengganggu proses belajar serta perkembangan karakter siswa. Di SMP Negeri 1 Wiradesa, perkelahian banyak ditemukan di kalangan siswa kelas VIII, khususnya kelas 8.6, yang umumnya disebabkan oleh saling ejek dan sindir. Kondisi ini menunjukkan perlunya intervensi untuk mengembangkan karakter yang terintegrasi, salah satunya melalui Bimbingan Konseling Islam. Penelitian ini ditujukkan untuk mendeskripsikan bentuk perilaku perkelahian siswa dan menganalisis peran Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi perilaku tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara semi terstruktur dengan guru Bimbingan Konseling (BK) dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI), serta dokumentasi pendukung seperti foto kegiatan dan data profil sekolah. Sumber data primer diperoleh dari wawancara guru BK dan guru PAI, sedangkan data sekunder berasal dari literatur ilmiah yang relevan. Penelitian dilakukan secara langsung di SMP Negeri 1 Wiradesa untuk memperoleh gambaran utuh mengenai dinamika perilaku siswa dan pendekatan bimbingan yang diberikan. Pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam yang dilakukan oleh guru BK dan guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang sebelumnya mudah terlibat dalam perkelahian mengalami perubahan perilaku yang positif setelah diberikan bimbingan oleh guru BK dan guru PAI. Pendekatan Bimbingan Konseling Islam yang menekankan pada nilai-nilai spiritual seperti sabar, menghargai sesama, dan pengendalian diri terbukti mampu mengurangi konflik antar siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman memperlihatkan adanya penurunan signifikan dalam kasus perkelahian dan peningkatan sikap kooperatif siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Konseling Islam berperan efektif dalam mengatasi perilaku perkelahian siswa di SMP Negeri 1 Wiradesa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAmin, Mohammad Fuad AlUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam, Perkelahian Siswa, Guru BK, SMP Negeri 1 Wiradesa
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:07
Last Modified: 15 Jul 2025 02:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item View Item