Lutfia Hasna, Naura (2025) Implementasi Program Takhassus Dalam Mencetak Generasi Qur’ani Di MI Islamiyah Pringlangu 01. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321051_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text
2321051_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
20 LAMPIRAN(2).pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya akhlak dan moral pada peserta didik, mempengaruhi minimnya pendidikan agama. Masih banyak peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an bahkan belum mengenali huruf hijaiyah, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Dengan itu madrasah membuat program yaitu program takhassus yang bertujuan mencetak generasi Qur’ani di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi program takhassus dalam mencetak generasi qur’ani di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program takhassus dalam mencetak generasi qur’ani di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program takhassus dalam mencetak generasi qur’ani di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) Tahap perencanaan, program ini dimulai dari medesain kurikum yaitu tambahan program tahfidz Qur’an juz 29 dan 30 dan TPQ Integratif. 2) Tahap pelaksanaan, pelaksanaan program tahfidz Qur’an dan TPQ integratif secara garis besar sudah terlaksana dengan baik, karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan langkah-langkah dan metode yang tepat untuk bisa mencapai target yang diinginkan. (3) Tahap evaluasi, evaluasi yang dilakukan pada program tahfidz Qur’an yaitu mengecek hafalan peserta didik, Adapun evaluasi program TPQ integratif yaitu tes tertulis dan tes lisan. Program takhassus memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat, Pertama, faktor pendukung program takhassus tahfidz Qur’an juz 29 dan juz 30, meliputi dukungan orang tua dan guru, fasilitas yang memadai, tenaga pendidik yang kompeten. Selain itu, faktor penghambatnya rasa malas dan putus asa, kurang semangat dalam menghafal, dan lupa. Kedua faktor pendukung program takhassus TPQ Integratif, meliputi tersedianya sarana dan prasarana, guru yang mumpuni. Selain itu faktor penghambatnya yaitu waktu pelaksanaan TPQ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Akhlak dan Moral, Program Takhassus, Generasi Qur’ani | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:24 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |