Khasanah, Nur Awalia (2025) Analisis Strategi Komunikasi Dakwah Ustadzah Syifa Nurfadhilah Dalam Menjangkau Generasi Z (Studi Kasus Akun Instagram @Syifanurfhadhilah). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421051_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3421051_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
3421051_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu pendakwah yang yang aktif berdakwah melalui media sosial Instagram dengan akun Instagram @syifanurfhadhilah. Dalam konten yang diunggahnya terdapat dakwah yang menarik perhatian pengguna Instagram terutama generasi Z. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi yang dgunakan Ustadzah Syifa dalam menjangkau generasi z. Fenomena pesatnya perkembangan media sosial, khususnya Instagram telah mengubah cara pandang dalam penyebaran inormasi dan dakwah. Generasi z sebagai kelompok demografi yang sangat akrab dengan teknologi digital menjadi targetpenting dari para da’i yang menggunakan media sosial sebagai media dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan strategi komunikasi agar pesan dakwah dapat diterima dan dipahami oleg generasi z. Menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif Sumber data dari penelitian ini didapatkan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis Teori Strategi Dakwah Muhammad Abu Al-Fath Al-Bayanuni guna mengetahui Strategi komunikasi dakwah yang dilakukan dalam akun Instagram @syifanurfhadhilah dan Teori ELM (Elaboration Likelihood Model) untuk mengetahui bagaimana efektifitas dakwah Ustadzah Syifa Nur Fadhilah dalam akun Instagram @syifanurfhadhilah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penggunaan strategi komunikasi dakwah dari Muhammad Abu Al-Fath Al-Bayanuni dengan ditemukan dari 10 video yang menjadi sumber penelitian terdapat 7 video yang menggunakan strategi sentimentil (Al-Manhaj al-‘AṭhifĪ ), 5 video menggunakan strategi rasional (Al-Manhaj al-‘AqlĪ ), dan 3 video menggunakan strategi indrawi (Al Manhaj al-hissi). Evektivitas dakwah yang diterima oleh generasi z juga diterima melalui jalur central route dimana gen z melihat ke efektifan dakwah Ustdazah Syifa berdasarkan pemaparan materi dan isi dakwah yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah, Ustadzah Syifa Nur Fadhilah, Instagram, Generasi z | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:30 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |