Kemal, Alif Tito Marcello (2025) Implementasi Metode Hafalan Quantum Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Boyolali. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121096_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
2121096_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
20 LAMPIRAN(3).pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
Abstract
Permasalahan dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di pondok pesantren pada umumnya terletak pada rendahnya motivasi santri, kesulitan dalam mempertahankan hafalan, serta metode yang kurang efektif sehingga mengakibatkan kualitas hafalan yang tidak optimal. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Boyolali menghadapi tantangan serupa, terutama dalam hal Menjaga hafalan. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkanlah metode hafalan Quantum Tahfidz Al-Qur’an (QTA) yang menggabungkan pendekatan quantum learning dengan prinsip penguatan spiritual dan emosional dalam proses hafalan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode hafalan Quantum Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Boyolali? (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan metode hafalan Quantum Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren tahfidzul Qur’an Boyolali?. Peneliti menggunakan penelitian jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut responden dan informan melalui instrumen pengumpulan data seperti angket, observasi, wawancara dan sebagainya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni, pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti menggunakan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data sementara teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren ini dilakukan secara sistematis, melibatkan pembinaan intensif, pendekatan psikologis yang positif, serta penggunaan teknik visualisasi dan latihan terarah. Dalam mengimplementasikan metode Quantum Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Boyolali meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode ini efektif meningkatkan kualitas hafalan santri dengan dukungan lingkungan, mentor, dan sistem target. Adapun hambatannya meliputi keterbatasan usia, beban hafalan, dan kurangnya pemahaman metode.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Quantum Tahfidz Al-Qur’an, Kualitas hafalan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:33 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |