budi Pangestu, bima (2025) Penerapan metode iqro’ dalam pembelajaran membaca Al Qur’an di TPQ Nurul Huda Kutorejo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
BAB I SAMPAI BAB V.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text
FULL TEXT_NIM. 2121199_BIMA BUDI PANGESTU.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
16. LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Meskipun secara umum metode iqro’ telah banyak digunakan dan terbukti efektif, kenyataannya dalam pelaksanaan di lapangan masih terdapat berbagai kendala yang menghambat pencapaian tujuan pembelajaran. Dari jumlah yang telah mempelajari Al-Qur’an, sebagian besar belum lancar dalam membaca, dan bahkan masih mengalami kesalahan dalam pelafalan serta belum mampu menerapkan tajwid dengan benar. Sementara itu, santri yang berada dalam tahap iqro’ pun masih banyak yang belum mampu mengenali huruf hijaiyah dengan baik, meskipun mereka telah mengikuti pembelajaran secara rutin. Rumusan Masalah dari penelitian ini yaitu: (1) a. Bagaimana penerapan metode Iqro dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Kutorejo? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Iqro dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran di TPQ Nurul Huda Kutorejo? Tujuan dari penelitian ini yaitu: ”(1) a. Mendeskripsikan penerapan metode Iqro’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Kutorejo. (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode Iqro’ di TPQ Nurul Huda Kutorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode lapangan (field research), yaitu suatu jenis penelitian yang dilaksanakan secara langsung di lokasi yang telah ditentukan dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam terhadap fenomena-fenomena sosial yang terjadi di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode iqro’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an santri di TPQ Nurul Huda belum dilakukan secara maksimal. Hal ini didasarkan pada pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di TPQ Nurul Huda Kutorejo belum sesuai dengan panduan penerapan metode iqro’. Penerapan metode iqro’ yang ada di TPQ Nurul Huda yaitu sistem privat dimana ustadz sebagai penyimak dan membenarkan jika ada bacaan santri yang salah. Namun penggunaan sistem privat ini jarang dilakukan dan sebagian besar proses pembelajaran dilakukan dengan cara mendikte, sehingga ini tidak sesuai dengan metode iqro’. Belum maksimalnya penerapan metode iqro’ karena adanya kendala dalam upaya menerapkan metode iqro’. Kendala yang dihadapi di TPQ Nurul Huda dalam menerapkan metode iqro’ yaitu perbedaan karakter yang dimiliki oleh santri, waktu pembelajaran yang singkat, dan kurangnya pemahaman ustadz terkait panduan penerapan metode iqro’.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Al-Qur’an, Iqro’, Pembelajaran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:36 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |