Maulana, M. Firza (2025) Penerapan Fungsi Manajemen Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jamaah Umroh Di Alfairus Tours. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3621012_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3621012_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
3621012_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi analisis untuk menerapkan fungsi manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan jamaah umroh di Alfairus Tours yang sesuai dengan (SOP) Standar Operating Procedure, penerapan fungsi manajemen yang baik menjadi salah satu daya tarik jamaah untuk bisa bergabung di Alfairus Tours sehingga peningkatan jamaah signifikan di setiap tahunnya. Fokus dalam penelitian ini ialah 1) fungsi manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan jamaah umroh di Alfairus Tours 2) Peningkatan kualitas pelayanan jamaah umrah di Alfairus Tours. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan diskriptif. Teknik pengumpuulan data di lakkukan dengan 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan 1) reduksi data, 2) penyajian data 3) verivikasi data, 4)penarikan kesimpulan. Pengujian kabsahan data di lakuukan dengan 1)perpanjangan pengamataan, 2) ketekunan pengamataan, 3) menggunakan bahan refrensi. Peneliti memperoleeh data wawancara dengan pimpinan Alfairus Tours, karyawan Alfairus Tours, pembimbing Alfairus Tours, dan alumni jamaah Alfaairus Tours. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan fungsi manajamen untuk meningkatkan kualitas pelayanan jamaah umrah di Alfairus Tours berjalan dengan baik terbukti dengan memiiliki perencanaan seperti: 1) melakukan rapat bulanan, 2) perekrutan karyawan, 3) perekrutan calon jamaah, 4) menentukan jadwal keberangkatan, 5) penetapan harga paket umrah. adapun dalam penerapan fungsi manajemen terdapaat beberapa faktor pendukung yaitu, 1) Alfairus Tours memiliki SDM yang cukup dengan kinerja secara team dan sesuai dengan (SOP) Standard Operating Procedure, 2) memiliki pembimbbing yang profesionaal, berpengalaman, dan tokoh ulama di Pekalongan, 3) memiliki sarana dan prasarana yang mendukung, 4) memiliki komunikasi yang baik antara karyawan dan jamaah, 5) materi pembimbingan manasik yang mudah di pahami jamaah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Fungsi Manajemen, Kualitas Pelayanan Ibadah Umroh | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:24 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |