Strategi Komunikasi Dakwah Filantropi Islam (Studi Kasus Platform Digital Nu-Care)

Al Gifari, Ahmad Abi Dzar (2025) Strategi Komunikasi Dakwah Filantropi Islam (Studi Kasus Platform Digital Nu-Care). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421019_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3421019_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3421019_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Al Gifari. Abi Dzar. Ahmad. 2025. Strategi Komunikasi Dakwah filantropi Islam(Studi Kasus Platform Digital Nu-Care). Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrhman Wahid Pekalongan. Pembimbing Ahmad Hidayatullah, M.Sos. Kata Kunci: Komunikasi, Strategi Komunikasi, Dakwah Filantropi, Filantropi Islam, Nu-Care. Peneliti mengkaji dan membahas dalam skripsi ini mengenai bagaimana strategi komunikasi yang digunakan lembaga Nu-Care dalam menarik muzzaki, dalam hal ini peneliti mempunyai dua rumusan permasalahan, pertama bagaimana implementasi strategi komunikasi yang digunakan dan yang, kedua bagaimana potensi pengaruh dari strategi komunikasi yang dipakai dalam proses komunikasi lembaga Nu-Care di platform digitalnya. Dengan tujuan untuk mengetahui implementasi dan potensi pengaruh strategi komunikasi yang digunakan. Adapun dalam peelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan analisis isi dan termasuk ke dalam netnografi research. Penelitian ini dilakukan karena peneliti percaya sebuah strategi sangat penting dalam kegiatan komunikasi agar pesan yang dibawa bisa diterima dan dimengerti dengan baik oleh penerima pesan, slain itu yang melatarvelakangi peneltian ini adalah bahwa masih banyaknya fenomena tidak tepat sasarannya penyaluran dana filantropioleh sebab itu dengan adanya penelitian ini bisa menjadi sudut pandang baru terkait dengan penyaluran dana yang lebih baik Melalui penelitian ini peneliti mendapati hasil bahwa platform digital Nu-Care ini menggunakan konsep strategi komunikasi yang cenderung kepada persuasif atau mengajak dan memengaruhi yang dikemukakan oleh melvin L DeFleur dan Sandra J Ball Rokeach dimana dalam sebuah strategi komunikasi persuasif memiliki tiga konsep yaitu sosiokultural, the meaning contruction, dan psikodinamika yang terimplementasi kedalam channel Nu-Care melalui pendekatan human interest, influenscer dan endorsement, serta desain visual dan copywriting. Selain itu dengan adanya penggunaan strategi ini dapat berpotensi akan adanya pengaruh dari peerapan strategi dalam setiap konten yang diproduksi di Nu-Care, naik itu secara peningkatan jumlah muzzaki ataupun jumlah penerima manfaatnya bisa lebih tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Strategi Komunikasi, Dakwah Filantropi, Filantropi Islam, Nu-Care.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:38
Last Modified: 15 Jul 2025 02:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14307

Actions (login required)

View Item View Item